Sukses

Ultah ke-4, Media Digital Indonesia Ini Luncurkan 3 Portal Baru

Salah satu pemain media digital di Indonesia, baru saja memperkenalkan tiga portal konten digital terbarunya dalam merayakan ultah ke-4. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Portal berita Suara.com telah genap berusia 4 tahun. Bersamaan dengan acara syukuran ulang tahun, PT Arkadia Digital Media, induk perusahaan Suara.com meluncurkan tiga portal baru.

Ketiga portal media tersebut adalah Matamata.com dengan sajian informasi seputar dunia hiburan, Hitekno.com fokus mengupas gadget dan teknologi serta Bolatimes.com guna memandu pecinta sepakbola.

Peluncuran versi beta tiga media ini ditandai dengan penekanan tombol “ON” sebagai awal dapat diaksesnya media baru tersebut oleh pemegang saham, manajemen dan seluruh karyawan.

“Ini sekaligus menandai dimulainya rencana ekspansi serta aksi korporasi yang lebih besar lagi, guna memperkuat struktur permodalan perusahaan. Dalam waktu dekat akan muncul media-media lain berbasis konten maupun platform agregator,” kata CEO Arkadia Digital Media, William Martaputra dalam rilis yang dikirim hari ini, Senin (12/3/2018).

Pengembangan media baru ini penting, setelah melihat potensi yang besar dalam dunia digital Indonesia. Selain pengguna internet yang terus tumbuh dan berkembang pesat, distribusi informasi melalui digital masih didominasi platform media sosial yang kadang menyertakan informasi palsu dan berita hoax.

“Ini ancaman, sekaligus tantangan bagi kami untuk membuat konten berkualitas dan menjadi rujukan publik. Kami ingin memproduksi banyak konten informatif untuk para pembaca baru media digital yang terus meningkat,” jelas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konten Independen

Dengan visi menjadi grup media digital terintegrasi dan berpengaruh, Arkadia Digital Media akan mengedepankan konten yang independen, kredibel, inspiratif, interaktif, dan pengelolaan data pengunjung dalam satu layanan.

Penyajian dilakukan dengan informasi yang menarik dan didukung format multimedia sesuai dengan perkembangan generasi pembaca baru milenial.

“Dengan banyak konten berkualitas dan inspiratif, serta disalurkan melalui jalur distribusi konten yang tepat, kami yakin dapat bersaing dengan media-media besar lain,” jelas sosok yang sempat bergabung di grup MNC dan Rajawali ini.

Terkait target pasar yang dibidik, COO Arkadia Digital Media, Suwarjono mengatakan, selain menyasar pembaca milenial atau gen Y hingga gen Z sebagai pasar terbesar pengguna digital selama ini, juga akan membidik pasar baru pengguna internet.

“Penetrasi internet terus meningkat, saat ini baru 53 persen penduduk Indonesi yang tersambung internet. Ini potensi besar dan kami akan lebih serius konsentrasi ke pembaca baru yang terus tumbuh dan berkembang di berbagai kota besar hingga pelosok Indonesia,” kata Suwarjono.

 

3 dari 3 halaman

Ekspansi Digital

Untuk tujuan di atas, melalui Arkadia Digital Media, perusahaan induk yang menaungi Suara.com, Matamata.com, Hitekno.com dan Bolatimes.com, akan terus melakukan ekspansi.

Segera menyusul media yang menargetkan pasar seputar wanita, kesehatan, traveling, otomotif dan platform agregator yang akan diintegrasikan dalam database yang sama.

“Semua platform media tengah dalam persiapan pembuatan sistem interaktif yang bisa memenuhi keinginan pembaca, komunitas dan terkoneksi dalam sistem keanggotaan (membership),” kata Suwarjono yang juga Pemimpin Redaksi dari Suara.com.

Suwarjono menegaskan, keberhasilan mengembangkan Suara.com di tengah gempuran informasi tidak terlepas dari pilihan konten hingga distribusi dan kolaborasi dengan banyak pihak. Dalam 4 tahun, Suara.com tumbuh menjadi media yang independen, dengan pengunjung terus meningkat.

“Kami terus berubah dan beradaptasi, karena pembaca baru memiliki karakter berbeda,” kata Suwarjono, yang juga pemimpin redaksi Suara.com.

Saat ini PT Arkadia Digital Media banyak merekrut anak-anak muda untuk mengisi berbagai konten, termasuk multimedia. Selain itu, telah bergabung para jurnalis berpengalaman dari berbagai media nasional, baik dari media televisi, digital, termasuk jurnalis berlatar belakang media cetak yang terbiasa mengupas isu secara mendalam.

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.