Sukses

Selain Bebas Hacker, Ini 5 Manfaat Fitur Incognito Mode di Browser

Selain bebas hacker, ini lho 5 manfaat fitur Incognito Mode alias penelusuran pribadi pada web browser

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang paling sering dilakukan pengguna smartphone adalah browsing alias berselancar di dunia maya. Pengguna Android pasti akrab dengan web browser (peramban) bawaan di Android, yakni Google Chrome.

Namun, tahukah kamu kalau Google Chrome dan peramban-peramban lain punya mode penelusuran pribadi alias Incognito Mode?

Sekadar informasi, Incognito Mode atau penelusuran pribadi menawarkan privasi, kenyamanan, dan keamanan yang lebih baik saat kamu berselancar di internet.

Nah, fitur Incognito Mode seperti yang ada pada Google Chrome sangat berguna jika kamu mengakses internet di tempat umum. Namun selain untuk alasan privasi dan keamanan, ada lima alasan bagi kamu menggunakan Incognito Mode saat browsing. Apa saja?

1. Tidak Simpan Informasi Login di Smartphone

Pernahkah kamu login akun media sosial lewat Google Chrome? Kamu pasti menyadari terkadang saat login memasukkan alamat email dan password, browser menawarkan diri menyimpan informasi untuk mempermudah proses login kembali.

Meskipun mempermudah pengguna, fitur login otomatis pada smartphone nyatanya sangat berbahaya bagi keamanan akun kamu. Bagaimana tidak, smartphone lebih rentan dipakai oleh orang lain dan rentan terhadap pencurian.

Namun dengan Incognito Mode, browser tidak akan menyimpan detail dan data saat login. Dengan begitu, Incognito Mode akan berguna untuk keamanan saat pengguna mengakses internet dengan WiFi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bebas dari Iklan Mengganggu

2. Bebas dari Iklan Mengganggu

Selain memasang ad blocker untuk menghindari gangguan iklan saat browsing, ternyata kamu bisa menghindari iklan dengan Incognito Mode.

Fitur Incognito Mode memang tidak menghilangkan iklan sepenuhnya, tetapi meniadakan iklan dengan tidak merekam data dan kebiasaan saat kamu berselancar di internet.

Maksudnya, jika kamu internetan dengan peramban normal, Google bakal merekam kebiasaan kamu. Kemudian, Google akan mengumpulkan data dari berbagai tempat untuk menargetkan iklan dan promosi sesuai kebiasaan tersebut.

Sementara, jika browser dalam Incognito Mode yang tidak merekam data dan kebiasaan, iklan pun tak akan tampil dan mengganggu aktivitas browsing.

3 dari 5 halaman

Pencarian Sesuatu yang Pribadi

3. Pencarian Sesuatu yang Pribadi

Mencari sesuatu yang bersifat pribadi dan tidak ingin diketahui orang lain adalah tujuan dari fitur Incognity Mode. Jadi, kalau kamu hendak mencari sesuatu yang bersifat pribadi dan tak ingin orang lain ketahui, fitur ini bisa dipakai.

Perlu kamu ketahui, dengan fitur Incognito Mode, segala aktivitas saat browsing tidak akan diketahui orang lain, ketika dia memakai smartphone kamu. Tentunya, kamu harus menutup tab Incognito Mode dulu ya.

4 dari 5 halaman

Buka Beberapa Akun Sekaligus

4. Buka Beberapa Akun Sekaligus

Peramban biasanya hanya bisa membuka satu akun, tidak bisa dua akun. Misalnya saja kamu ingin memasukan akun Google ke dalam peramban, tentunya kalau kamu pakai Google Chrome, hanya satu akun yang bisa kamu masukkan.

Nah, Incognito Mode bisa kamu gunakan untuk membuka akun Google kedua kamu secara bersamaan dengan akun Google di Google Chrome. Caranya, kamu tinggal login akun Google pertama di Google Chrome dan satu akun lagi di Incognito Mode.

5 dari 5 halaman

Pengujian Website dan Debugging

5. Pengujian Website dan Debugging

Alasan ini mungkin terdengar sangat teknis, namun fitur Incognito Mode bisa sangat membantu para pengembang website dan aplikasi.

Jika merasa khawatir efek dari cache dan data cookie saat mencoba menjalankan tes website atau debugging software, kamu bisa memakai Incognito Mode untuk mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Bagaimana, sudah tahu kan manfaat Incognito Mode?

(Tin/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini