Sukses

Ingin Hemat Kuota Saat Tethering WiFi Hotspot? Yuk, Ikuti 2 Cara Ini

Kalau kamu ingin menghemat kuota data saat menggunakan smartphone untuk tethering WiFi hotspot, yuk ikuti dua cara mudah ini!

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang menggunakan smartphone mereka sebagai portable WiFi Hotspot dengan fitur tethering. Dengan tethering, berbagai perangkat, misalnya laptop bisa terhubung ke internet smartphone.

Namun, karena tak semua orang menggunakan paket internet unlimited, setelah tethering selesai, kuota pun bakal cukup banyak terkuras.

Agar hal tersebut tidak terjadi, yuk ikuti tips ini untuk menghemat kuota saat tethering portable WiFi hotspot. Apa saja?

1. Mengaktifkan Power Save

Pada smartphone Android, terdapat fitur yang bisa menjadikan smartphone Android Anda sebagai perangkat portable Wi-Fi hotspot.

Pertama, kamu bisa mengaktifkan Power Save. Caranya masuk ke menu Setting pada smartphone kamu, kemudian pilih opsi Tethering & Portable Hotspot.

Cari menu Portable WiFi Hotspot Setting kemudian ubah Power Save menjadi waktu menit.

Sekadar diketahui, Power Save berguna untuk mematikan portable hotspot secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Batasi Kapasitas Data

2. Membatasi Kapasitas Data yang Terpakai

Kamu juga bisa menghemat kuota saat tethering dengan membatasi kapasitas data yang terpakai.

Caranya masuk ke menu Setting kemudian pilih Data Usage, lalu aktifkan menu Set mobile data limit alias pembatasan kuota data.

Ubah batas angkanya sesuai kebutuhan kamu, saat pemakaian data sudah mencapai batas, secara otomatis koneksi internet pun bakal diputus.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.