Sukses

George Peabody, Bapak Filantropi Modern Muncul di Google Doodle

Liputan6.com, Jakarta - Google hari ini merayakan sosok kenamaan yang dikenal sebagai bapak filantropi modern, George Peabody, dengan doodle di laman utama pencarian perusahaan.

Seperti yang bisa kamu lihat, Google Doodle pada Jumat (16/3/2018), menampilkan sesosok pria tua yang sedang membuka sebuah buku berukuran raksasa, dan didampingi oleh empat anak kecil.

Siapa sosok George Peabody yang jadi Google Doodle? Dikutip dari laman resmi Google, pria yang lahir pada 18 Februari 1795 ini dikenal sebagai orang Amerika Serikat pertama yang dikenal karena kegiatan amalnya.

Sebelumnya, Peabody juga dikenal sebagai seorang bankir. Ia juga merupakan sosok penting di balik berdirinya salah satu bank Amerika terkenal pada abad ke-19.

Berkantor di London, ia sering kali membantu pengusaha yang ingin menyalurkan modal dari Eropa dan Inggris ke berbagai usaha menjanjikan di AS.

Kabarnya, Peabody mendonasikan sekitar US$8 juta dari US$16 juta kekayaan yang ia miliki semasa hidupnya. Karena kedermawanannya, Peabody dipuji dan menjadi teladan bagi pengusaha di masanya dan generasi pengusahaa sukses setelahnya hingga saat ini.

Karena itu, George Peabody pun menjadi sosok ternama lain yang nongol di Google Doodle kali ini. Sekadar informasi, Google Doodle kali ini dibuat oleh tim relawan pelukis dinding di George Peabody Elementary School di San Francisco.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peduli Terhadap Pendidikan dan Sosial

Berhasil mengumpulkan kekayaan yang luar biasa di kala itu, Peabody pun membangun sebuah institusi di Baltimore yang menyediakan berbagai fasilitas pendidikan, seperti perpustakaan, galeri seni, dan akademi musik.

Tak hanya itu, ia juga mendanai sebuah museum dan perpustakaan bersejarah di Massachusetts, AS, sebuah museum sejarah alam di Yale University, dan museum arkeologi di Universitas Harvard; dan berkontribusi pada berbagai perguruan tinggi dan masyarakat historis lainnya.

Karena rasa kepeduliannya yang besar, George Peabody pun dianugerahi Congressional Gold Medal.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.