Sukses

Ingin Hemat Kuota Data 4G Kamu? Tips Berikut Ini Patut Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan 4G memiliki konektivitas yang lebih cepat dibandingkan teknologi sebelumnya. Hal ini menyebabkan kuota data habis lebih cepat, terlebih lagi jika penggunaannya tidak dikontrol.

Bagi sebagian orang, mengontrol penggunaan kuota data bukan perkara mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa berhemat.

Ada beberapa tips sederhana yang bisa membantu kamu menghemat kuota data 4G. Berikut rangkumannya:

1. Membatasi Paket Data Harian

Jika tidak bisa mengontrol kuota data karena terlalu banyak menonton video online atau aktivitas lainnya, maka kamu tidak perlu khawatir. Salah satu caranya yaitu dengan mengaktifkan fitur "data usage" yang ada pada perangkat Android dan iOS.

Kamu bisa menggunakan opsi "data saver" pada Android, yang akan membantu mengurangi penggunaan data. Fitur ini berguna untuk mencegah apllikasi background mengirim dan menerima data, serta membatasi akses data dari aplikasi yang sedang berjalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gunakan Browser yang Ringan

Browser juga merupakan faktor penting untuk menghemat kuota data. Oleh karena itu, jika kamu kerap menjelajahi dunia dunia maya, sebaiknya pilih browser yang ringan dan dapat menghemat kuota data.

Ada sejumlah pilihan browser ringan yang dapat menjadi pilihan, seperti Opera Mini. Seperti diketahui, Opera Mini merupakan salah satu browser mobile populer dan banyak digunakan, serta memiliki fitur untuk menghemat data.

3. Meminimalkan Aplikasi Chatting

Aplikasi chatting atau pesan singkat merupakan salah satu layanan internet populer, sehingga terkadang kamu asyik berkirim pesan tanpa memedulikan kuota data. Untuk menghindari hal semacam itu, sebaiknya jangan memasang terlalu banyak aplikasi chatting pada smartphone.

Kuota data akan terus terkuras selama aplikasi tersebut aktif atau berjalan pada background. Oleh karena itu, sebaiknya pilih aplikasi chatting yang tepat agar kuota data bisa lebih hemat.

3 dari 3 halaman

4. Nonton video YouTube secara offline

Aktivitas menonton video di YouTube kerap membuat sejumlah orang lupa dengan kapasitas kuota data mereka. Jika kamu termasuk penikmat video YouTube, sebaiknya unduh video yang akan ditonton terlebih dahulu ketika berada di tempat dengan akses WiFi.

Cara ini dapat membuat kuota data lebih hemat. Kamu dapat menikmati video yang sudah diunduh secara offline kapan pun, sehingga tidak akan menguras kuota saat ditonton berulang kali.

5. Batasi penggunaan Instagram

Instagram juga termasuk aplikasi populer yang menguras cukup banyak data. Aplikasi ini memakan banyak kuota, terlebih jika kerap membuka foto dan video di dalamnya.

Bila kamu memiliki kuota data yang sedikit, sebaiknya jangan terlalu sering membuka Instagram. Kamu bisa menghemat kuota data dengan mengakses Instagram saat smartphone terhubung WiFi.

(Din/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.