Sukses

7 Hal yang Bikin Performa Laptop Kamu Lamban

Para pemilik laptop harus merawat perangkat mereka dengan baik, agar kinerjanya tidak cepat melambat.

Liputan6.com, Jakarta - Semakin lama sebuah produk digunakan, biasanya akan berdampak pada penurunan kinerjanya. Hal ini berlaku pula pada laptop , apalagi bila digunakan selama beberapa tahun.

Selain smartphone, laptop merupakan salah satu perangkat yang dibutuhkan dalam menjalani aktivitas. Namun, semakin lama digunakan, kinerja laptop menjadi lamban.

Nah, berikut ada beberapa penjelasan tentang kinerja laptop yang menjadi lamban, selain faktor usianya:

1. Hardware Kotor dan Kurang Perawatan

Masalah pada laptop tidak hanya disebabkan software, tapi juga hardware. Kurangnya perawatan juga bisa membuat kinerja laptop menjadi lamban, terlebih lagi jika kamu tidak melakukan perawatan sama sekali.

Bagian ventilasi laptop akan cepat kotor jika digunakan di tempat yang tidak rata dan berdebu. Untuk mencegah, sebaiknya gunakan laptop di permukaan rata, atau kamu bisa menambahkan alas berupa cooling pad.

Selain itu, lakukan pembersihan minimal sebulan sekali pada bagian ventilasi dan setidaknya mengganti thermal paste secara berkala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. File Sampah Menumpuk

Saat kamu terlalu asyik menggunakan laptop untuk bekerja, terkadang lupa membersihkan file sampah alias junk yang menumpuk. Selain itu, banyaknya temporary files saat mengakses internet juga memberikan beban lebih pada kinerja laptop.

Keberadaan file sampah memakan ruang hard disk, sehingga memengaruhi kinerja. Sebaiknya bersihkan berkala junk dan temporary files yang ada di dalam laptop.

3. Hard Disk Terfragmentasi

Sejumlah orang mungkin masih awam dengan istilah fragmentasi dan defragmentasi. Sederhananya, hard disk terfragmentasi yaitu posisi file secara fisik terpencar, sehingga dapat membuat kinerja laptop menjadi lamban.

Kamu dapat melakukan proses defragmentasi, setidaknya sepekan atau dua pekan sekali, untuk mengatasi masalah hard disk yang terfragmentasi.

3 dari 3 halaman

4. Banyak Startup Program dan Layanan Berjalan

Terlalu banyak aplikasi yang dipasang pada laptop, cukup berpengaruh pada kinerjanya yang semakin melambat. Apalagi beberapa startup programs, membuat laptop menjadi lamban, bahkan saat baru dinyalakan sekalipun.

Langkah yang dapat kamu lakukan yaitu menghapus beberapa aplikasi yang tidak perlu.

5. Infeksi virus dan malware

Bagi kamu yang merasa langkah-langkah di atas belum terlalu memengaruhi kinerja laptop, ada kemungkinan perangkat sudah terinfeksi virus atau malware berbahaya.

Penanganan awalnya, tentu lakukan scanning (pemindaian) dengan aplikasi antivirus seperti Avast dan AVG, kemudian hapus virus dan malware tersebut.

Jika memang masih dirasa kurang ampuh, langkah terakhir yaitu dengan melakukan install ulang laptop. Namun sebelum, buat backup data penting yang ada di dalam laptop.

Selamat mencoba!

(Din/Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.