Sukses

Surat Lamaran Kerja Steve Jobs Laku Rp 2,4 Miliar

NIlai lelang surat lamaran Steve Jobs ini jauh melampaui perkiraan sebelumnya, yakni sekitar Rp 600 juta.

Liputan6.com, California - Informasi mengenai surat lamaran Steve Jobs yang bakal dilelang sudah terdengan sejak akhir bulan lalu. Kini, surat tersebut ternyata sudah berhasil dijual dengan harga sangat tinggi.

Sebelumnya, sejumlah prediksi menyebut surat lamaran ini akan terjual dengan harga US$ 50 ribu atau sekitar Rp 682 juta. Namun, seperti dikutip dari Phone Arena, Senin (19/3/2018), surat itu berhasil terjual dengan harga US$ $174,757 atau sekitar Rp 2,4 miliar.

Sayangnya, tak ada informasi detail mengenai pemenang lelang surat lamaran Jobs tersebut. RR Auction selaku rumah lelang hanya mengungkap tawaran tertinggi itu diajukan oleh seorang pengusaha internet anonim yang tinggal di London, Inggris.

Sekadar informasi, nilai lelang tersebut sebenarnya setara dengan 981 saham Apple dengan harga saat ini. Sebagai perbandingan, dengan jumlah sebanya itu, pemenang lelang sebenarnya dapat membeli 166 unit iPhone X 256GB.

Namun, bagi sebagian orang, surat lamaran itu memiliki nilai sejarah tersendiri. Sebab, surat yang dibuat dengan tulisan itu ada sebelum Jobs membangun Apple.

Berdasarkan tulisannya di surat lamaran itu pula, ia terlihat sudah sangat tertarik dengan dunia teknologi. Di surat tersebut Jobs mengakui kemampuannya di teknik elektronika termasuk desain.

Sebagai tanggapan untuk keahliannya, ia menulis 'ya' di samping kolom pilihan komputer dan kalkulator. Steve Jobs juga menambahkan keahlian desain dan teknologi di bagian bawah kolom tersebut.

Saat menulis namanya, pendiri Apple ini menuliskan 'Steven Jobs'. Sementara untuk alamat dan jurusan kuliahnya, ia menulis Reed College dengan jurusan Sastra Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Barang Jobs Lain yang Dilelang

Barang lain dari Steve Jobs yang dilelang di kesempatan sama adalah buku manual Mac OS X yang ditandatangani langsung oleh dirinya sendiri. Selain itu, ada pula kliping dari koran dengan headline 'iPhone, baru dan lebih cepat' dijual bersama dengan foto Jobs.

Sebelumnya, tanda tangan Steve Jobs juga sempat dilelang pada akhir 2017. Tanda tangan itu terletak di majalah Newsweek edisi 24 Oktober 1988 dengan sampul Steve Jobs muda.

Majalah tersebut hadir dengan tajuk "Mr Chips, Steve Jobs Puts The Wow Back in Computers". Bersama dengan tanda tangan, Jobs juga menuliskan kata-kata  "I love manufacturing".

Majalah ini diperkirakan akan mendapat tawaran antara US$ 10.000 (sekitar Rp 133 juta) hingga US$ 15.000 (sekitar Rp 200 juta).

3 dari 3 halaman

Apple-1 Juga Dilelang

Bersama tanda tangan itu, Apple juga melelang perangkat konsumen pertamanya, yakni komputer pertama Apple-1. Proses lelang ini juga dilakukan oleh RR Auction.

Executive Vice President RR Auction Bobby Livingston mengatakan, komputer Apple-1 yang dilelang itu merupakan milik mantan karyawan Apple bernama Adam Schoolsky.

Sebelumnya, komputer itu dijual pada donor lelang sekaligus kolektor komputer David Larsen. Ia membeli komputer tersebut dengan harga US$ 3.500 (sekitar Rp 46 juta) pada 1955.

Perangkat tersebut berharga US$ 700 ribu (sekitar Rp 9,3 miliar) dan sempat ditawar dengan nilai US$ 155 ribu (sekitar Rp 2 miliar). Untuk diketahui, Steve Wozniak bersama tim Apple membuat 200 unit papan chip Apple-1, dan hanya tersisa 60 unit komputer saat ini.

Kelengkapan lain yang dilelang bersama Apple-1 adalah buku petunjuk asli, tag harga, kotak asli, dan penyimpanan kaset. Benda-benda ini dianggap sebagai bagian dari sejarah Apple.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.