Sukses

Robot juga Bisa Menari

Dalam kontes Robot Seni Indonesia, sebagian robot terlihat bisa membawakan tarian dengan baik sesuai alunan musik. Tapi banyak pula yang gagal.

Liputan6.com, Yogyakarta: Meski kaku, robot ternyata lihai menari. Kepiawaian mereka pun dipertandingkan dalam kontes Robot Seni Indonesia di kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Sabtu (11/6). Lomba diikuti 16 peserta.

Robot-robot menggerakkan tubuh menari Tari Kelono Topeng, tarian klasik dari Jawa yang diambil dari kisah Menak Panji. Sebagian robot terlihat bisa membawakan tarian dengan baik sesuai alunan musik. Tapi banyak pula yang gagal. Misalnya berjalan ke arah yang salah atau cuma berputar-putar pada satu tempat.

Tak mudah memang membuat robot bisa menari. Diperlukan kemampuan lebih dalam merangkai isi perut sang robot agar gerakan terlihat lebih luwes.

Selain kontes Robot Seni Indonesia, dalam kontes Robot Nasional 2011 juga dilombakan dua kategori lain. Antara lain kontes Robot Indonesia dan kontes Robot Cerdas Indonesia. Kontes diikuti 101 peserta dari 51 kampus di Indonesia yang sebelumnya menjadi juara di tingkat regional masing-masing.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini