Sukses

Cara Pakai Rute Khusus Motor di Google Maps

Liputan6.com, Jakarta - Google Indonesia merilis fitur baru, yakni rute khusus sepeda motor untuk biker di Indonesia.

Fitur ini hadir sebagai upaya Google memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lokal sesuai dengan kebutuhannya, dalam hal ini pengendara sepeda motor.

Group Product Manager Google Maps Krish Vitaldevara mengatakan, fitur rute khusus motor ini hadir di seluruh Indonesia, terutama kota-kota besar yang padat. Misalnya Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Lantas, bagaimana cara pengendara sepeda motor menggunakan fitur rute khusus motor?

Pertama, pengguna sepeda motor harus memperbarui dulu aplikasi Google Maps-nya ke versi terbaru. Barulah di versi terbaru fitur rute khusus motor hadir.

Setelah memperbarui aplikasi, pengendara sepeda motor bisa memasukkan rute yang ingin mereka tuju. Misalnya, menuju Mal Grand Indonesia, kemudian memilih Direction atau mengarahkan dari lokasi saat ini ke lokasi yang dituju.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pilih Moda Transportasi

Pengguna bisa melihat opsi moda yang digunakan untuk mencapai rute tersebut dalam hal ini mobil pribadi, transportasi publik (Transjakarta dan commuter line), jalan kaki, dan yang terbaru adalah sepeda motor.

Pengguna bisa memilih opsi sepeda motor dan rute yang disajikan pun bakal berbeda dengan opsi mobil pribadi.

Menariknya, dengan fitur rute khusus motor, jika ada tol terdekat yang menghubungkan lokasi dengan tempat tujuan, Google Maps tidak akan mengarahkan pengguna untuk memasuki tol.

3 dari 3 halaman

Manfaat Rute Khusus Motor di Google Maps

Sebelumnya dalam peluncuran fitur rute khusus motor di Google Maps, Vitaldevara mengatakan, fitur rute khusus motor di Google Maps memiliki beberapa manfaat bagi pengguna sepeda motor.

Pertama, fitur ini memberikan waktu perjalanan yang lebih akurat, sebab Google menggunakan model machine learning berdasarkan kecepatan sepeda motor dalam menentukan waktu perjalanan.

Manfaat kedua, pengguna yang memakai fitur ini bisa mendapatkan rute khusus mencakup jalan pintas dan jalan sempit bagi sepeda motor tanpa lewat jalan tol. Dengan begitu, rute untuk motor relatif lebih akurat bagi pengendara motor.

Ketiga, Google juga berencana membuka dukungan API untuk siapa pun yang bergerak di bidang pengangkutan barang atau layanan, misalnya perusahaan transportasi online dan ekspedisi untuk menggunakan rute khusus motor ini pada aplikasinya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.