Sukses

Gerhana Bulan Total Muncul Tengah Malam Nanti

Lepas tengah malam nanti atau menginjak Kamis (16/6) dini hari, mata kita akan dimanjakan oleh sebuah peristiwa alam yang menakjubkan, yakni Gerhana Bulan Total.

Liputan6.com, Jakarta: Lepas tengah malam nanti atau menginjak Kamis (16/6) dini hari, mata kita akan dimanjakan oleh sebuah peristiwa alam yang menakjubkan, yakni Gerhana Bulan Total. Peristiwa alam ini akan menjadi gerhana total bulan terpanjang sejak 2000.

Seperti dilansir Daily Mail, Rabu (15/6), peristiwa dramatis ini mengubah bulan menjadi merah darah selama 100 menit selama periode totalitas. Tetapi, NASA memperingatkan kepada warga Eropa akan kehilangan tahap awal gerhana karena mereka terjadi sebelum munculnya bulan.

Gerhana ini akan terjadi pada pukul 18.24 waktu Inggris dan berakhir pada tengah malam. Tetapi, matahari terbenam juga tidak terjadi di Inggris sampai pukul 21.19 malam. Sementara menurut informasi yang beredar di Indonesia, gerhana ini akan muncul mulai pukul 01.25 WIB dan total pada 2.25 WIB. Kemudian, gerhana bulan total yang terjadi saat bulan seluruhnya ditutupi bayangan bumi akan terjadi pada pukul 03.14 WIB. Dan, gerhana berakhir pada pukul 05.04 WIB pagi.

Tak hanya di Eropa, NASA juga memperkirakan gerhana dapat dilihat dengan mata telanjang hingga ke sebelah timur Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan Australia Barat. Namun, mereka yang berada di AS tidak dapat melihat peristiwa ini karena gerhana akan terjadi pada siang hari. Bulan biasanya diterangi oleh matahari.

Selama gerhana bulan, bumi, matahari dan bulan berada di garis yang setara dan bayangan bumi bergerak melintasi permukaan bulan purnama. Sinar matahari yang melewati atmosfer bumi membuat bulan tampak merah, cokelat atau hitam. Bagi yang di Indonesia, pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi serta Bosscha Observatory ITB bekerja sama menyiarkan secara live streaming melalui internet di situs resmi Bosscha pada rentang waktu sekitar jam 00.00 - 06.00 WIB. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya!(JAY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini