Sukses

5 Hal yang Bisa Dilakukan Setara dengan Kerugian Facebook Rp 67 Triliun

Skandal kebocoran data pengguna Facebook membuat perusahaan merugi hingga Rp 67 triliun. Dengan uang sebanyak itu, kita bisa melakukan beberapa hal besar. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Skandal kebocoran data pengguna Facebook pada Selasa (20/3/2018) menghebohkan dunia.

Sampai-sampai, pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg harus "gigit jari" karena menerima kerugian Rp 67 triliun hanya dalam tempo satu hari.

Bahkan, jika dihitung-hitung secara keseluruhan di luar skandal ini, nilai kekayaan Mark Zuckerberg turun hingga US$ 9 miliar atau setara Rp 123 triliun hanya dalam waktu beberapa hari.

Menurut laporan Bloomberg, Zuckerberg menyatakan Cambridge Analytica menerima data melalui pengembang aplikasi di Facebook.

Cambridge Analytica sendiri merupakan sebuah perusahaan konsultan periklanan tim sukses Donald Trump yang telah melanggar kebijakan Facebook dengan mengambil data 50 juta pengguna tanpa izin.

Akibatnya, harta Zuckerberg turun drastis sekitar USD 4,9 miliar atau sekitar Rp 67 triliun. Dalam Billionare Index Bloomberg, suami Priscillia Chan itu terpaksa harus turun ke posisi lima orang terkaya di dunia, di bawah Amancio Ortega.

Kekhawatiran pun dirasakan banyak pihak, termasuk para investor yang mengetahui saham Facebook terperosok hingga 6,8 persen.

Hanya dalam sehari, uang Zuckerberg ludes triliunan rupiah karena skandal tersebut. Tentu kamu bisa membayangkan jumlah nominal uang yang raib itu bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan.

Berikut ini, Tekno Liputan6.com rangkum dengan apa saja yang kita bisa lakukan setara dengan nilang uang Facebook yang hilang itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Membangun Stadion Baru

Stadion Batakan di Kalimantan Timur menjadi salah satu kebanggaan masyarakat Indonesia dengan biaya pembangunan sekitar Rp 1,2 triliun.

Bayangkan, kerugian Zuckerberg hanya dalam tempo sehari sanggup membangun 56 stadion sekelas Batakan di Indonesia.

3 dari 6 halaman

2. Membangun Rusunawa

Pada 2017 lalu, Kementerian PUPR menganggarkan Rp 14 miliar untuk membangun rumah susun sewa, terdiri dari tiga lantai dan memiliki 47 unit.

Dengan total kerugian Zuckerberg, Kementerian PUPR bisa membangun rusunawa sebanyak 4.785 unit rusunawa.

4 dari 6 halaman

3. Membangun Jalan Tol

Pembangunan jalan bebas hambatan di Indonesia memakan anggaran sekitar Rp 80 miliar per kilometer. Bayangkan saja, dengan kerugian Zuckerberg bisa mencapai 837 kilometer, setara jarak Jakarta ke Surabaya.

5 dari 6 halaman

4. Ongkos Naik Haji

Prediksi Menteri Agama Lukman Saifuddin pada tahun 2018 biaya naik haji sekitar Rp 35,79 juta per orang. Itu artinya, dengan kerugian Zuckerberg mampu memberangkatkan sekitar 2 juta jemaah haji pada 2018.

6 dari 6 halaman

5. Membeli Mobil Mewah

Mobil mewah Raffi Ahmad, Lamborghini Aventador, dihargai sekitar Rp 10,5 miliar. Bayangkan saja, nilai kerugian Zuckerberg dalam sehari bisa membawa pulang 6.700 Lamborghini Aventador.

Reporter: Muhammad Gufron Salim

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.