Sukses

Gerhana Bulan Total Berdurasi 100 Menit

Warga Jakarta dan sekitarnya semalam menyaksikan gerhana bulan penuh. Gerhana bulan ini merupakan peristiwa alam terpanjang yang terjadi sekitar 100 menitan. Gerhana bulan semalam dapat dinikmati langsung dengan mata telanjang.

Liputan6.com, Jakarta: Warga Jakarta dan sekitarnya semalam menyaksikan gerhana bulan penuh. Gerhana bulan ini merupakan peristiwa alam terpanjang yang terjadi sekitar 100 menitan. Gerhana bulan semalam dapat dinikmati langsung dengan mata telanjang.

Kawasan planetarium Jakarta, yang berada di kompleks Taman Ismail Marzuki menjadi tempat berkumpul warga ibukota. Mereka ikut menyaksikan gerhana bulan total yang mulai terlihat pukul 01.20 WIB.

Selain dengan bantuan alat teropong benda-benda angkasa, warga juga bisa menyaksikan fenomena alam itu dengan mata telanjang.

Menurut Ketua Himpunan Astronomi Jakarta, Raihan, gerhana bulan penuh kali ini merupakan fenomena yang sangat unik. Karena dalam satu tahun terdapat dua gerhana. Namun gerhana bulan yang terjadi semalam merupakan peristiwa alam berdurasi terlama.

Gerhana bulan total atau total lunar eclipse terjadi ketika posisi antara bulan, bumi, dan matahari tepat berada satu garis. Fenomena alam ini berpengaruh pada gaya gravitasi matahari dan bulan terhadap bumi menimbulkan pasang laut yang besar. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.