Sukses

Membangun Platform e-Commerce Tak Sesulit yang Dibayangkan

Persaingan bisnis kian ketat sehingga kita harus makin jeli dalam memilih infrastruktur pendukung untuk membangun e-Commerce.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang ingin membangun bisnis online, semisal e-Commerce, tentu merasa bingung soal infrastruktur atau sistem apa yang paling pas digunakan guna memaksimalkan kinerja platform.

Terlebih, persaingan bisnis kian ketat sehingga kita harus makin jeli dalam memilih infrastruktur pendukung. Tujuannya tentu agar bisa memenangkan persaingan, efisiensi, dan hasil maksimal sesuai target market yang dibidik.

Salah satu infrastruktur yang diklaim tepat bagi perusahaan, khususnya e-Ccmmerce adalah Swift dan Azure. Swift adalah e-Commerce yang 'ready-to-use' dengan menggunakan platform Magento.

Dengan demikian, merchant bisa fokus berkonsentrasi pada bisnisnya dan Swift akan mengurus semua kompleksitas teknologi di belakangnya. Adapun Azure menawarkan komputasi, jaringan, dan layanan penyimpanan data untuk memenuhi kebutuhan komputasi cloud.

Azure didukung industri security dan compilance terkemuka, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan keamanan aplikasi dan data.

Muliadi Jeo, Director of ICUBE--perusahaan penyedia sistem Swift di Indonesia--memaparkan keunggulan e-Commerce yang menggunakan Swift, yaitu bisa membuat toko sendiri serta sukses dan terukur.

Proses itu sebenarnya mahal secara investasi, namun Swift mempermudah proses tersebut dengan harga terjangkau.

“Kelebihan Swift menggunakan basis Magento, platform yang berkaliber enterprise. Itu yang membuat Swift lebih dari yang lain,” papar Muliadi di workshop bertajuk "How to Run your e-Commerce Business with Swift" pada Kamis, (22/3/2018) di Ayana Midplaza hotel, Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Swift dan Azure

Dalam keterangan tertulisnya, Muliadi menambahkan perbedaan signifikan dari efisiensi dan omset e-Commerce bila menggunakan Swift.

"Meskipun kesuksesan bisnis tergantung dengan banyak hal, tapi satu hal yang pasti, Swift menjadikan teknologi tidak menjadi hambatan bisnis untuk bisa bersaing," ujarnya menambahkan.

Sementara itu Azure adalah platform komputasi awan milik Microsoft yang memberikan layanan virtual server, aplikasi, database, dan penyimpanan data file.

Dengan menggunakan Microsoft Azure, pengguna bisa lebih fokus terhadap pengembangan produk ataupun core bisnisnya tanpa harus khawatir akan IT infrastruktur.

3 dari 3 halaman

Kebebasan Untuk Merchant

Muliadi menekankan dengan kolaborasi antara Swift dan Azure bisa mempercepat penetrasi sistem yang ada sehingga bisa lebih maksimal.

“Peluang dan potensi Swift dan Azure sangat menjanjikan. Kami berharap Swift menjadi salah satu platform dominan untuk para merchant yang ingin berdikari di business online mereka,” tambahnya.

Sampai saat ini menurut pengamatan Muliadi belum ada perusahaan lain yang juga merilis produk seperti Swift dan Azure, karena umumnya produk yang ada sekarang di Indonesia lebih berbentuk SAAS, semisal Sirclo.

“Dengan Swift, kami memberi kebebasan merchant untuk memiliki platform yang bisa disesuaikan dengan bisnis mereka,” pungkasnya.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.