Sukses

Top 3 Tekno: Apakah Pengguna Bakal Meninggalkan Facebook?

Artikel tentang pengguna bakal meninggalkan Facebook karena skandal kebocoran data menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com pada Kamis (22/3/2018).

Liputan6.com, Jakarta - Isu kebocoran 50 juta data penggguna Facebook membuat perusahaan teknologi pemilik WhatsApp dan Instagram tersebut krisis terlibat masalah besar.

Dengan terungkapnya skandal penyalahgunaan data tersebut, apakah salah satu platform media sosial terbesar di dunia ini bakalan ditinggal oleh penggunanya?

Artikel pembahasan dalam tentang hal tersebut menjadi yang terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com pada Kamis (22/3/2018).

Informasi lain yang juga menyedot perhatian datang dari Katsuko Saruhashi yang nongol sebagai Google Doodle, dan pernyataan CEO sekaligus pendiri Facebook Mark Zuckerberg terkait skandal kebocoran data.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler berikut ini.

1. HEADLINE: Skandal Kebocoran Data, Pengguna Bakal Tinggalkan Facebook?

Facebook  (AP Photo/Thibault Camus, File)

Isu kebocoran 50 juta data penggguna Facebook membuat perusahaan teknologi pemilik WhatsApp dan Instagram tersebut krisis. Jika terbukti benar, skandal ini menjadi salah satu yang terbesar--bahkan terparah--yang pernah dialami raksasa media sosial tersebut.

Cambridge Analytica (CA) dilaporkan terlibat dalam skandal kebocoran data 50 juta pengguna Facebook. Firma yang pernah bekerja dengan tim kampanye Donald Trump saat pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) 2016 itu dituding menggunakan jutaan data pengguna untuk membuat sebuah software yang bisa memprediksi dan memengaruhi pemilihan suara.

Selain itu, data pengguna Facebook juga diduga dimanfaatkan CA untuk kampanye referendum Uni Eropa di Britania Raya. Hal ini tentunya sangat berisiko, di mana data privasi kita bisa digunakan untuk memengaruhi suara politik, dan akan berimbas besar ke hasil pemungutan suara yang pastinya mencoreng nilai demokrasi.

Baca selengkapnya di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Katsuko Saruhashi, Sang Ilmuwan yang Gemar 'Bermain' dengan Laut

Google Doodle Katsuko Haruhashi. (Foto: Google)

Hari ini Google Doodle kembali merayakan prestasi seorang wanita bernama Katsuko Saruhashi. Ia merupakan ahli Geokimia asal Jepang.

Wanita tersebut muncul dengan memakai kacamata besar, dan berdiri dengan latar ombak di belakangnya yang membentuk tulisan "Google".

Lalu, apa hubungan ahli geokimia dengan lautan? Yang jelas, Katsuko Saruhashi bukanlah Menteri Kelautan dan Perikanan asal Jepang. Ia adalah wanita yang membantu meneliti efek tes nuklir di lautan. Karenanya, Google memberikan apresiasi lewat doodle terbaru ini.

Baca selengkapnya di sini

3. Skandal Kebocoran Data, Bos Facebook Akhirnya Angkat Bicara

CEO Facebook  Mark Zuckerberg  (AP Photo/Jeff Roberson)

CEO sekaligus pendiri Facebook Mark Zuckerberg, akhirnya angkat bicara terkait skandal kebocoran puluhan juta data pengguna Facebook.

Lewat akun Facebook-nya, Zuckerberg menulis pernyataan resmi dan permintaan maaf terkait kasus terbesar yang dialami perusahaan. Bahkan, ia mengaku kalau hal tersebut adalah sebuah pelanggaran.

Dilansir The Guardian, Kamis (22/3/2018), suami Priscilla Chan ini mengungkap kalau pihaknya bertanggung jawab akan kejadian tersebut.

Baca selengkapnya di sini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.