Sukses

NASA: Besok Asteroid Akan Lintasi Bumi

Asteroid berukuran kecil '2011 MD' diprediksikan melintasi bumi pada tanggal 27 Juni dan tidak akan menimbulkan ancaman apapun terhadap bumi.

Liputan6.com, Los Angeles: Asteroid berukuran kecil '2011 MD' diprediksikan melintasi bumi pada tanggal 27 Juni besok dan tidak akan menimbulkan ancaman apapun terhadap bumi. Demikian yang dikatakan pihak Jet Propulsion Laboratory (JPL) di NASA, Ahad (26/6).

Menurut JPL yang berbasis di Pasadena, Los Angeles, Amerika Serikat, asteroid tersebut akan melewati 12 ribu kilometer (7.500 mil) di atas permukaan bumi sekitar pukul 09:30 EDT (siang hari waktu AS dan Kanada). Asteroid kecil yang hanya berdiameter 5-20 meter berada dalam orbit matahari seperti bumi. Namun para analisis orbital menunjukkan bahwa asteroid ini kemungkinan juga tidak akan melintasi bumi pada Senin esok hari.

Jika asteroid '2011 MD' memasuki atmosfer bumi, asteroid ini diperkirakan akan terbakar di atmosfer dan tidak menyebabkan kerusakan pada permukaan bumi. Menurut diagram lintasan asteroid, 2011 MD ini akan mencapai bumi terdekatnya di titik lintang selatan dengan pendekatan yang ekstrim (di atas selatan Samudera Atlantik).

Sementara, kaki Lintasan akan masuk melewati beberapa ribu kilometer di luar cincin satelit geosynchronous dan akan keluar melewati bagian dalam cincin. Untuk waktu yang singkat, asteroid ini dapat dilihat cukup terang dengan teleskop berukuran sederhana.

Asteroid jenis ini diprediksikan hanya melewati bumi rata-rata sekitar setiap enam tahun. Salah satu obyek luar angkasa ini ditemukan oleh tim penemuan obyek LINEAR yang mengamati dari Socorro, New Mexico.(Xinhua/JAY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini