Becak di India Dilengkapi dengan GPS

on

Liputan6.com, New Delhi: Teknologi sistem navigasi atau GPS biasanya dipasang di kendaraan-kendaraan pribadi untuk membantu para pengendara mencari lokasi tujuan dengan cepat dan tepat. Tapi, kini GPS tak hanya monopoli kaum berduit.

Di New Delhi, India, GPS dipasang di kendaraan umum. Bahkan termasuk becak. Metro.co.uk mewartakan, Selasa (5/7), setidaknya 250 becak di New Delhi akan dilengkapi dengan perangkat teknologi canggih tersebut. Perangkat bernama Skema SatNav itu akan melayani tujuan ganda yang memungkinkan si pengendara becak melacak perjalanannya. Sementara penumpang dapat memeriksa peta pada rute yang dapat ditempuh sesingkat mungkin.

Perangkat ini juga akan dilengkapi dengan tombol panik. Hal itu memungkinkan penumpang perempuan untuk memencet tombol yang langsung dihubungkan dengan pihak kepolisian jika mereka diserang.

GPS yang dipasang di becak sebagai percobaan sebelum sistem navigasi dipasangkan di semua kendaraan di kota itu pada akhir bulan depan. Skema SatNav adalah upaya terbaru oleh pejabat kota untuk memperbaiki reputasi transportasi umum di Ibukota India itu.

Saat ini ada sekitar 55 ribu kendaraan roda tiga di New Delhi. Ribuan orang menggunakan jasa transportasi tersebut setiap harinya. (Vin)
Suka artikel ini?

0 Comments