Sukses

Kartu Portabel Praktis Pendeteksi HIV/AIDS

Sebuah alat tes darah portabel untuk mendiagnosis infeksi telah berhasil dibuat. Peralatan berbentuk seperti kartu kredit ini merupakan terobosan dalam upaya memerangi HIV/AIDS di dunia berkembang.

Liputan6.com, Washington DC: Sebuah alat tes darah portabel untuk mendiagnosis infeksi telah berhasil dibuat. Peralatan berbentuk seperti kartu kredit ini merupakan terobosan dalam upaya memerangi HIV/AIDS di dunia berkembang.

Mchip begitu sebutan alat tes darah portabel itu telah terbukti hampir 100 persen akurat dalam suatu ujicoba di Rwanda. Dalam ratusan tes lainnya menggunakan prototipe yang dilaksanakan di Kigali menghasilkan 95 persen akurasi untuk HIV/AIDS dan ketepatan sebesar 76 persen untuk penyakit sifilis.

Perangkat terbuat dari plastik itu diproduksi di AS dan dikembangkan oleh para ilmuwan dari Universitas Columbia di New York. Harganya hanya 1 dolar. Biaya murah dan efisiensi Mchip ini merupakan terobosan besar dalam upaya memerangi HIV/AIDS. Terlebih lagi hanya butuh waktu 15 menit untuk mengetes darah dengan akurasi tinggi. 

Para ahli kini tengah meningkatkan tes untuk mendeteksi penyakit menular seksual dalam masa kehamilan.
(dailymail)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini