Sukses

Ariane 5 Luncurkan Dua Satelit Komunikasi

Ariane 5 meluncurkan dua satelit komunikasi ke luar angkasa. Peluncuran ini merupakan misi keempat pada 2011.

Liputan6.com, Paris: Ariane 5 telah meluncur dari Pusat Peluncuran Kourou di Frence Guiana, kemarin malam. Roket milik Eropa itu membawa dua satelit komunikasi berteknologi tinggi, Astra 1N dan BSAT-3c/JCSAT-110R. Demikian dilansir Xinhuanet.com, Ahad (7/8).

Ini merupakan misi keempat sekaligus peluncuran ke-203 Ariane 5 di tahun 2011. Astra 1N, yang dirakit di Toulouse, Perancis, berbobot sekitar 5,350 kilogram (saat meluncur). Satelit yang dilengkapi 52 transponder aktif ini diperkirakan mampu beroperasi hingga 15 tahun mendatang.

BSAT-3c/JCSAT-110R diproduksi perusahaan Lockheed Martin Commercial Space Systems di Newtown, Pennsylvania. Penghantar sinyal ini bekerja untuk operator telekomunikasi milik Jepang B-SAT Corporation dan SKY Perfect JSAT Corporation. Serupa dengan Astra 1N, satelit ini mampu bekerja hingga belasan tahun ke depan.

Peluncuran Ariane 5 sempat tertunda dua kali, terkait masalah teknis dan cuaca buruk. Arianespace berencana mengeksekusi enam misi tahun ini.(WIL/AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.