Sukses

Bos Apple Steve Jobs Mundur

Setelah berkali-kali cuti untuk perawatan kesehatannya, Steve Jobs, akhirnya mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer (CEO) Apple

Liputan6.com, San Francisco: Setelah berkali-kali cuti untuk perawatan kesehatannya, Steve Jobs, akhirnya mengundurkan diri sebagai Chief Executive Officer (CEO) Apple. Kabar pengunduran dirinya ini secara resmi diumumkan oleh pihak perusahaan pada Rabu (24/8).

Dalam siaran pers, Apple mengatakan bahwa dewan perusahaan juga sudah menunjuk Tim Cook, Chief Operating Officer (COO) sebelumnya, sebagai CEO baru perusahaan produsen iPhone dan iPad itu. Jobs juga terpilih kembali sebagai ketua dewan dan Cook sesegera mungkin mulai efektif sebagai CEO.

"Saya selalu mengatakan jika suatu hari nanti saya tidak bisa lagi memenuhi kewajiban dan harapan sebagai CEO Apple, saya akan menjadi orang pertama yang mengumumkan hal itu. Dan sayangnya, hari itu sudah datang," kata Jobs dalam sebuah surat pernyataan yang dirilis oleh apple.

"Saya juga menunjuk Tim Cook sebagai CEO Apple baru. Saya yakin masa depan Apple akan selalu cerah dan paling inovatif," tambah Jobs seperti dilansir Xinhua, Kamis (25/8).

Sebelumnya, Jobs (56) pada Agustus 2004 lalu pernah dirawat karena menderita kanker pankreas. Ia juga didiagnosis memiliki tumor dan telah menjalani operasi untuk menghilangkannya. Dalam tahun-tahun berikutnya, Jobs terlihat semakin kurus dan memunculkan spekulasi buruk mengenai kesehatannya.

Pada awal Januari 2009, Jobs mengatakan bahwa penurunan berat badannya itu disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang dapat diobati. Tetapi sekitar seminggu kemudian, ia mengakui masalah ini lebih kompleks dan kemudian mengambil cuti sakit selama hampir enam bulan.

Pada Juni 2009, Methodist University Hospital Transplant Institute di negara bagian AS, Tennessee, membeberkan bahwa Jobs menerima transplantasi hati. Dan yang terakhir pada Januari tahun ini, Jobs mengumumkan untuk mengambil cuti medis lainnya, tanpa membeberkan secara detail tentang kondisi kesehatannya. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.