Sukses

Cleverbot, Robot Pintar ala Manusia

Liputan6.com, New York: Sebuah teknologi pintar buatan bernama Cleverbot mencengangkan semua orang karena kepintarannya. Teknologi mutakhir itu bisa mengerjakan "Turing Test", semacam tes IQ untuk "chatbots" atau robot komunikasi. Hasilnya, Cleverbot juga bisa melakukan komunikasi layaknya manusia.

Dalam tes tersebut, Cleverbot terlibat "chatting" yang diketik manusia bahkan orang yang diajak chat oleh Cleverbot tertipu dan mengaggap teknologi buatan itu adalah manusia juga. Hasilnya, 59 persen beranggapan mereka sedang chatting dengan orang lain, bukannya dengan komputer.

Sejak kedatangan situs online pada 1997 silam, Cleverbot telah terlibat dalam sekitar 65 juta percakapan dengan pengguna internet di seluruh dunia. Manusia bisa melakukan chatting dengan komputer untuk bersenang-senang melalui situs Cleverbot.

Seperti perilaku belajar manusia yang tepat dengan mempelajari tindakan anggota kelompok sosialnya, Cleverbot juga mempelajari dari percakapan ini. Cleverbot menyimpan semuanya dalam database yang akan digunakan di setiap percakapan mendatang. Cleverbot juga bisa menjawab tanggapan terhadap pertanyaan dan komentar.

Cleverbot melacak kata-kata dan frase yang telah diberikan sebelumnya. Contohnya, ketika Anda mengetik, Bagaimana kabarmu? Tentu saja, pertanyaan itu sudah umum diberikan dan ditanyakan berulang-ulang kali.

Versi online Cleverbot dengan melakukan tiga kali pencarian dalam mesin pencari database sebelum menghasilkan jawaban. Sementara itu, versi yang lebih kuat digunakan dalam kompetisi turing sehingga bisa melakukan 42 pencarian di database

Selain itu, rahasia di balik kepintaran Cleverbot adalah para jenius di balik teknologi Carpenter memiliki aturan dasar yang memungkinkannya diprogram untuk tumbuh cerdas dan pintar sendiri, seperti manusia dewasa. (LiveScience/Vin)

    Artikel Selanjutnya
    Rencana Pembunuhan Ahok Terendus Lewat Telegram
    Artikel Selanjutnya
    Wanita Ini Tertangkap Selundupkan 102 iPhone di Badan