Sukses

Bangunan Kuno Roma Ditemukan di Suriah

Para arkeolog asal Suriah menemukan sebuah bangunan raksasa yang dipahat dengan ciri khas Romawi.

Liputan6.com, Damaskus: Para arkeolog asal Suriah menemukan sebuah bangunan raksasa yang dipahat dengan ciri khas Romawi. Kantor Berita SANA mewartakan, Rabu (21/9), bangunan itu ditemukan di situs Nibal Qumet di provinsi timur laut Raqqa, dibangun dari zaman Romawi dengan ketebalan dinding sampai dengan 1,5 meter.

Kepala departemen arkeologi Ibrahim Kheir Bek mengatakan, pintu masuk bangunan kuno itu enam meter di bawah tanah. Ia menambahkan, saat ini, mereka tengah bekerja untuk menggali pintu masuk ke situs itu.

Jika bukti bangunan kuno yang ditemukan itu memang berasal dari zaman Romawi, penelitian lebih lanjut akan dilakukan guna mengungkap bagaiman bangunan zaman Romawi itu bisa berada di tempat tersebut.

Sebelumnya, para arkeolog tersebut juga berhasil menemukan mosaik yang berasal dari abad ke 6. Penemuan itu berupa 58 meter persegi mosaik dengan berbagai bentuk-bentuk geometris warna-warni. (Xinhua/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.