Sukses

India Luncurkan Tablet Supermurah

India akan meluncurkan sebuah komputer tablet baru supermurah yang dirancang khusus untuk memudahkan para pelajar mengakses teknologi IT terbaru. Komputer tablet itu akan dijual 46 dolar AS atau setara Rp 409 ribuan.

Liputan6.com, Mumbai: India akan meluncurkan sebuah komputer tablet baru supermurah yang dirancang khusus untuk memudahkan para pelajar mengakses teknologi IT terbaru. Rencananya, komputer tablet itu akan dibandrol seharga 46 dolar AS atau setara Rp 409 ribuan.

Pemerintah India, Rabu (5/10) menggelar sebuah acara di New Delhi untuk mengumumkan perangkat terbaru itu dirakit atas kerja sama dengan Kementerian Pengembangan SDM dan Institus Teknologi India. Komputer tablet itu berfitur 18 cm touch screen dan koneksi internet Wi-Fi. Menurut laporan media, India membeli berbagai hardware dari Korea Selatan dan Cina.

Pemerintah India juga berencana untuk mendorong pelajar agar menggunakan komputer PC dengan menawarkan unit komputer bersubsidi. Selain itu, pemerintah akan membuat komputer murah yang akan dijual di seluruh India pada November mendatang. Pihak kementerian juga berharap tablet ini akan membuat masa depan pelajar lebih baik.

Meski India sedang melanjutkan upayanya dalam memajukan perkembangan ekonominya, komputer PC memang tidak banyak digunakan di beberapa universitas lokal. Pemerintah berharap promosi tablet murah ini akan membantu perbaikan dalam sistem pendidikan di India. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.