Sukses

Anak Gunakan Ponsel Sejak Usia 10 Tahun

Zaman makin modern dan dunia teknologi terus berkembang. Kini, telepon genggam bukan merupakan barang mewah dan langka. Anak-anak saja sudah banyak yang menggunakan ponsel.

Liputan6.com, Seoul: Zaman makin modern dan dunia teknologi terus berkembang. Kini, telepon genggam bukan merupakan barang mewah dan langka. Anak-anak saja sudah banyak yang menggunakan ponsel.

Berdasarkan sebuah penelitian, lebih dari 90 persen anak sekolah di Korea Selatan memiliki ponsel dan mereka mulai menggunakan pada usia rata-rata 10 tahun empat bulan, Jumat (7/10).

Studi yang dilakukan oleh seorang politisi daerah dan sekolah kedokteran Universitas Dankook itu mensurvai 6.052 siswa SD, siswa sekolah menengah dan tinggi.

Survei itu mendapati bahwa sekitar 96 persen dari siswa sekolah menengah dan tinggi serta 83 persen siswa SD memiliki ponsel dan mengeluarkan biaya telepon rata-rata 27.290 won (23 dolar AS).

Saat ditanya tentang larangan penggunaan ponsel di sekolah, sekitar 48 persen dari siswa sekolah dasar menyepakatinya. Sementara lebih dari 70 persen siswa sekolah menengah dan tinggi menentang kebijakan tersebut.

Guru sangat mendukung larangan tersebut, dan mengatakan pihaknya memberikan kontrol yang lebih besar terhadap anak-anak selama di kelas.

Korea Selatan memiliki sekitar 51 juta pelanggan telepon selular pada akhir Februari, lebih dari jumlah penduduknya yang hanya sebesar 48,6 juta orang. Itu membuktikan jumlah orang yang membawa ponsel lebih dari satu makin meningkatnya.(ANT/AFP/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini