Sukses

Anak-anak Kecanduan Facebook

Satu juta anak-anak berusia sekolah, sekitar tujuh hingga 12 tahun kecanduan Facebook. Mereka menjadikan jejaring sosial itu sebagai rutinitas sehari-hari.

Liputan6.com, London: Dunia anak yang seharusnya dipenuhi dengan bermain bersama teman-teman dan belajar sudah mulai terusik dengan adanya jejaring sosial. Anak-anak sekolah berusia tujuh hingga 12 tahun kecanduan facebook. Media The Sun mewartakan, Kamis (3/11), mereka bahkan telah membuat jejaring sosial itu menjadi salah satu bagian integral dari kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan survei terhadap satu juta anak di Inggris, sekitar 970 ribu diperkirakan masuk ke facebook secara reguler. Sementara itu, 46 persen lainnya mengaku menggunakan FB hanya sesekali. Sedangkan satu dari 20 anak menyatakan tak pernah daftar atau menjadi facebooker.

Laporan analis Mintel menunjukkan penggunaan sehari-hari dari facebook yang paling umum dilakukan anak perempuan berusia 10 hingga 12 tahun. Jaringan sosial berikutnya yang paling populer adalah twitter dan club penguin. Namun, frekuensi kunjungan jauh lebih rendah, kurang dari sepuluh persen.

Para ahli mengatakan, tekanan teman sebaya adalah motivasi utama untuk menggunakan jaringan sosial tertentu. Hampir dua pertiga dari tujuh sampai 12 tahun menggunakan jaringan sosial karena dilakukan oleh teman.

Ina Mitskavets, penulis laporan Lifestyles Anak, mengatakan, anak-anak zaman sekarang lebih ahli menggunakan internet. Hampir satu juta anak usia tujuh hingga 12 tahun menggunakan facebook.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini