Sukses

Jepang Luncurkan Satelit Mata-mata Terbaru

Jepang meluncurkan satelit mata-mata baru ke orbit di tengah kekhawatiran atas program peluru kendali Korea Utara serta untuk memantau bencana alam di wilayah tersebut.

Liputan6.com, Tokyo: Jepang meluncurkan satelit mata-mata baru ke orbit di tengah kekhawatiran atas program peluru kendali Korea Utara serta untuk memantau bencana alam di wilayah tersebut.

Roket H-2A Jepang yang membawa sebuah satelit radar pengumpulan informasi dilepaskan pada pukul 10:21 am (0121 GMT) dari Tanegashima Space Center di barat daya Jepang, kata para pejabat, Senin (12/12).

Pemerintah memutuskan untuk membangun sebuah sistem pengumpulan-intelijen menyusul peluncuran peluru kendali oleh Korea Utara pada tahun 1998 ke Pasifik melewati kawasan Jepang.

Dalam upayanya menentang tekanan internasional, Korea Utara meluncurkan apa yang diyakini sebaga Taepodong-2 sebuah peluru kendali kategori tiga pada bulan April 2009, yang diperkirakan memiliki jangkauan 6.700 kilometer (4.100 mil).

Untuk alasan keamanan, pemerintah telah menolak untuk mengungkapkan rincian tentang fungsi satelit itu. Permintaan untuk pengawasan tanah domestik meningkat setelah pada Maret Jepang dilanda bencana gempa dan tsunami.(ANT/AFP/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini