Sukses

Kodak Tutup Usia

Kodak telah mengajukan kebangkrutan dan mengumumkan akan memulai program restrukturisasi untuk coba menyelamatkan perusahaan.

Liputan6.com, New York: Di tengah gencarnya teknologi digital, membuat Eastman Kodak Corporation mengalami penurunan drastis dalam bisnis film fotografinya. Kodak telah mengajukan kebangkrutan dan mengumumkan akan memulai program restrukturisasi untuk coba menyelamatkan perusahaan. Menurut laman Guardian, Kamis (19/1), Kodak telah mengajukan kebangkrutan dalam upaya bertahan dari krisis likuiditas setelah bertahun-tahun penjualannya jatuh sehubungan menurunnya bisnis film akibat berkembanganya kamera digital yang mengambil alih pasar. Eastman Kodak Co merupakan pelopor film fotografi yang mencoba restrukturisasi pada penjualan produk konsumen seperti kamera. Untuk bertahan dari penurunan penjualan, pihaknya mengatakan telah memperoleh fasilitas kredit sebesar U$ 950 juta selama 18 bulan yang berasal dari Citigroup untuk menjaga kondisi itu tak terjadi. Namun, perusahaan film itu telah berada di bawah tekanan sejak September lalu dan telah menarik tunai dari batas kredit, tip investor ke masalah likuiditas. Pihak perusahaan menyatakan Kodak dan anak perusahaan AS telah mengajukan Bab 11 reorganisasi bisnis di pengadilan kebangkrutan AS untuk distrik selatan New York. "Dewan Direksi dan tim manajemen senior seluruhnya percaya dengan bulat bahwa ini adalah langkah penting dan benar untuk dilakukan bagi masa depan Kodak," kata ketua dan kepala eksekutif Antonio M Perez pada hari Kamis (19/1). Perusahaan tersebut saat ini tengah berjuang menjual portofolio paten mereka yang akan digunakan untuk membantu memperkuat posisi kasnya. Sebelumnya,  Kodak mengatakan telah mengajukan gugatan terhadap Samsung yang menuding adanya pelanggaran hak paten tertentu yang terkait dengan teknologi digital imaging Kodak.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.