Sukses

"Katak Koboi", Spesies Baru dari Suriname

Para peneliti menemukan Hypsiboas sp. atau "katak koboi" yang diyakini sebagai spesies baru dalam dunia ilmu pengetahuan.

Liputan6.com, London: Sebuah ekspedisi ilmiah ke salah satu hutan tropis langka di dunia, di kawasan Suriname, mengungkapkan setidaknya 46 spesies baru. Salah satunya adalah katak Hypsiboas sp. yang oleh para peneliti diberi Julukan "katak koboi".

Temuan spesies baru yang diumumkan Conservation International (CI) baru-baru ini, adalah hasil survei ilmiah yang dilakukan di barat daya Suriname, yang mendokumentasikan hampir 1.300 spesies.

Survei selama tiga minggu medio Agustus hingga September 2010 itu dilakukan di sepanjang Sungai Kutari dan Sipaliwini, dekat Desa Kwamalasumutu.
 
"Katak koboi" mempunyai pinggiran warna putih di sepanjang kaki dan di tumitnya. Katak tersebut ditemukan pada sebuah cabang kecil, saat dilakukan survei pada malam hari di daerah berawa di barat base camp RAP, di Sungai Koetari.

Selain "katak koboi" para peneliti juga menemukan seekor ikan lele yang mereka sebut berduri dan berlapis baja. Ikan ini kemungkinan besar adalah spesies baru bagi ilmu pengetahuan.

"Tim kami punya kesempatan istimewa untuk menjelajahi salah satu daerah yang sangat terpencil di dunia," kata Trond Larsen, Direktur Conservation International's Rapid Assessment Program. Ekspedisi tersebut melibatkan 53 ilmuwan, tokoh-tokoh adat setempat, dan mahasiswa. (telegraph.co.uk/mla)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini