Sukses

SMKN Jakarta Produksi Televisi LCD

Murid-murid SMKN 5 Jakarta mampu membuat televisi LCD. Produk yang diberi nama dengan Binar Esemka ini sudah diproduksi sebanyak 40 unit dan sudah dipesan oleh konsumen.

Liputan6.com, Jakarta: Pelajar sekolah menengah kejuruan di Ibu Kota tidak mau kalah dengan prestasi siswa SMK yang ada di daerah. Murid-murid SMKN 5 Jakarta mampu membuat televisi LCD. Produk yang diberi nama dengan Binar Esemka ini sudah diproduksi sebanyak 40 unit dan sudah dipesan oleh konsumen.

"Produk TV LCD dengan nama Binar Esemka yang dibuat siswa SMKN 5 Jakarta tak kalah bersaing dengan merek terkenal," kata Kepala SMKN 5 Jakarta Anas Rosich. Anas menjelaskan para siswanya hanya membuat dua tipe yakni 32 dan 42 inci. Untuk 32 inci dibandrol 3,2 juta sedangkan 42 inci dihargai Rp 5,5 juta.

Pelajar SMK yang beralamat di Kelurahan Pisangan Baru, Matraman, Jaktim, ini juga membuat mesin bubut jenis Computer Numerical Control (CNC) Milling dan CNC Lathe dengan merek Krisbow Esemka. Mesin bubut sudah dibuat sejak 2009. Jenis CNC Millling Tipe MMC-740 sebanyak satu unit dan jenis CNC Lathe dua unit.

Pada 2010 , para siswa SMKN 5 Jakarta meningkatkan produknya dengan membuat 17 unit CNC Lathe. Serta pada 2011 memproduksi 16 unit CNC Milling dan 20 unit CNC Lathe. "Harga untuk mesin CNC Milling Tipe MMC-740 itu dibandrol Rp 260 juta per unit," kata Anas.

Hasil-hasil karya anak bangsa ini adalah momentum untuk adu kreativitas di tengah arus zaman yang semakin modern melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga nantinya Indonesia tidak melulu impor produk melainkan bisa mengeskpor produknya ke pasar dunia. Tentunya butuh dukungan dari pemerintah.(BJK/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini