Sukses

Sabun Magnetik Bisa Bersihkan Noda Minyak

Sekelompok ilmuwan dunia berhasil menemukan sabun magnetik yang pertama di dunia yang dapat mengatasi kotoran tumpahan minyak dan limbah yang sulit dibersihkan.

Liputan6.com, London: Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, penemuan-penemuan baru pun terus ditemukan. Sekelompok ilmuwan dunia berhasil menemukan sabun magnetik yang pertama di dunia. Penemuan ini telah didemonstrasikan dan dipublikasikan dalam Jurnal Kimia Angewandte Chemie. 

Seperti yang dikutip dalam laman BBC baru-baru ini, sabun dengan bahan yang dapat larut, dengan mudah menghilangkan kotoran dengan menggunakan medan magnet. Jenis sabun ini sangat bermanfaat untuk menghilangkan tumpahan minyak dan air limbah yang biasanya sangat sulit dihilangkan.

Sabun ini terbuat dari molekul panjang dengan ujung yang berperilaku berbeda: salah satu ujung molekul tertarik dengan air dan yang lain menolaknya.

Sebenarnya, sabun magnetik ini pada dasarnya sama dengan sabun biasa. Bedanya, para ilmuwan menambahkan atom besi pada molekul sabun magnetik. Atom-atom besi inilah yang dengan mudah menghilangkan partikel-partikel kecil secara magnetis.

Aksi detergen dari sabun itu berasal dari kemampuannya untuk mengikat minyak pada permukaan yang kotor, dengan ujung molekul yang membenci air pada permukaan itu. Molekul-molekul sabun kemudian berkumpul menjadi tetesan yang semua ujungnya mencintai air.

Prof Eastoe dan timnya memulai dengan molekul deterjen yang katanya sangat mirip dengan apa yang akan Anda temukan di dapur Anda atau kamar mandi - salah satu yang dapat ditemukan dalam obat kumur.

Tim menemukan cara mudah untuk menambahkan atom besi ke molekul. Tetesan yang terbentuk dari sabun tertarik pada magnet, sama seperti serbuk besi. Untuk dapat melihat apa yang sedang terjadi dalam proses kimia dibutuhkan tampilan pada tingkat molekuler.

Jadi tim mengirim sampel mereka ke Institut Laue Langevin (ILL) di Grenoble, Prancis, di mana partikel sub-atom yang dikenal sebagai neutron menjelaskan masalah ini.

Mereka melihat bahwa partikel besi dengan rapi menggumpal bersama-sama ke nanopartikel besi, gumpalan kecil dari besi pada kenyataannya merespon medan magnet.

Salah satu ilmuwan yang terlibat, Julian Eastoe dari Universitas Bristol, Inggris, mengatakan, "jika sepuluh tahun yang lalu Anda menginginkan sabun yang merespon gaya magnet, maka sekarang penemuan ini telah menjawabnya". Eastoe menambahkan, inovasi ini masih dalam proses percobaan dan akan terus dikembangkan untuk keperluan orang banyak.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini