Sukses

SMKN 2 Depok Buat Netbook dan PC

Para siswa SMK Negeri 2 Depok, Sleman, DIY mampu merakit netbook, LCD projector dan PC (personal computer).

Liputan6.com, Sleman: Prestasi gemilang kembali dicatat para siswa sekolah menengah kejuruan di Tanah Air. Karya cipta itu kali ini dibuat para siswa SMK Negeri 2 Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mereka mampu merakit netbook, LCD projector dan PC (personal computer). Kualitas produk para siswa SMK tak kalah dengan hasil pabrikan terkemuka.

Hingga kini para siswa sudah mampu merakit tak kurang dari 468 buah netbook, 203 PC, dan 80 LCD projector. Sebagai penanda mereka memberikan label SMK pada merk netbook, LCD projector, dan PC yang dihasilkan. Yaitu SMK Mugen untuk netbook, SMK Zyrex untuk proyektor dan SMK Relion untuk PC.

Hasil rakitan siswa SMK Negeri 2 Depok ini langsung mendapat apresiasi dari berbagai kalangan di Sleman. Sayangnya Pemerintah Kabupaten Sleman mengaku kesulitan membeli produk-produk SMK ini akibat terkendala aturan hukum. Dalam aturan pengadaan barang, Pemkab Sleman dilarang menunjuk pada merek tertentu, meski barang merupakan produk bangsa sendiri.

Meski belum dipasarkan secara umum, hasil rakitan anak-anak SMK Negeri 2 Depok ini dianggap layak digunakan untuk berbagai keperluan. Tak ayal pihak direktorat pembinaan SMK pun menjadikan hasil rakitan para siswa untuk program bantuan peralatan TIK, bagi 34 SMK di wilayah Provinsi DIY.

Jejak para siswa SMK Negeri 2 Depok juga diikuti murid-murid SMKN 5 Jakarta. Mereka bisa membuat televisi LCD. Produk bernama Binar Esemka ini sudah diproduksi sebanyak 40 unit dan telah dipesan konsumen [baca: SMKN Jakarta Produksi Televisi LCD].(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini