Sukses

Ratusan Bus di Kudus Dipasang GPS

Selain untuk mendeteksi posisi keberadaan kendaraan, pemasangan GPS pada 400 unit armada bus di Kudus, Jawa Tengah, juga untuk memantau kecepatan bus yang sedang melaju melalui perangkat komputer.

Liputan6.com, Kudus: Sebanyak 400 unit bus dari sejumlah perusahaan angkutan umum di Kudus, Jawa Tengah, dipasang fasilitas global positioning system atau GPS, Selasa (21/2). Selain untuk mendeteksi posisi keberadaan kendaraan, GPS juga dapat memantau kecepatan bus yang sedang melaju melalui perangkat komputer. Apabila sang sopir memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan, maka sopir dapat diperingatkan operator pusat perusahaan.

Peningkatan fasilitas tak lain untuk meminimalisir angka kecelakaan yang belakangan marak terjadi. Bus-bus ini juga dipasangkan fasilitas video call yang disambungkan dengan kamera pemantau atau CCTV. Melalui kamera CCTV, kondisi keamanan di dalam bus termasuk kepadatan penumpang bisa diketahui melalui telepon genggam operator.

Pemeriksaan kesiapan fisik armada sebelum beroperasi juga diperhatikan. Mulai dari pengecekan mesin, ban, serta alat keamanan penunjang keselamatan penumpang. Armada bus juga tidak akan diizinkan beroperasi jika belum memenuhi standar keselamatan dan kesiapan fisik kendaraan.(APY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini