Sukses

ITS Kembangkan Air Pengganti BBM

Profesor Djoko Sungkono dibantu oleh sejumlah mahasiswanya sedang membuat inovasi baru yakni mengubah air mineral menjadi bahan bakar untuk motor dan mobil.

Liputan6.com, Surabaya: Mungkinkah air menjadi bahan bakar pengganti bensin? Tentu tak ada yang mustahil di dunia ini. Kemungkinan-kemungkinan seperti itulah yang kini terus dikembangkan oleh Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS).

Profesor Djoko Sungkono dibantu oleh sejumlah mahasiswanya sedang membuat inovasi baru yakni mengubah air mineral menjadi bahan bakar untuk motor dan mobil. Menurut Profesor Djoko, pembuatannya tak terlalu rumit. Cara yang dilakukannya adalah dengan memisahkan hidrogen dan oksigen yang ada dalam air dengan alat bernama stenlisteel elektroda. Gas yang dihasilkan terlihat seperti gelembung putih itu kemudian meledak jika bersentuhan dengan api. Gas tersebut kemudian dialirkan ke mesin kendaraan dengan menggunakan kabel.

Profesor Djoko menambahkan apabila gas tersebut dicampur dengan bensin atau solar, maka tiap liternya bisa menempuh jarak lebih panjang dibanding bensin biasa. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini