Sukses

Tumblr Segera Pasang Iklan Berbayar

Tumblr akan meluncurkan iklan berbayar di jaringan blogging-nya pada bulan depan. Langkah tersebut dilakukan guna mendapatkan penghasilan lebih bagi Tumblr.

Liputan6.com, London: Tumblr akan meluncurkan iklan berbayar di jaringan blogging-nya pada bulan depan. Langkah tersebut dilakukan guna mendapatkan penghasilan, meski sebelumnya sang pendiri Tumblr sempat menyatakan ketidaksetujuannya terhadap pergerakan tersebut. David Karp, pendiri sekaligus pucuk eksekutif Tumblr, mengatakan bahwa perusahaan, organisasi dan merek akan dapat menjalankan iklannya di dashboard situs Tumblr mulai 2 Mei nanti.

Berbagai merek seperti IBM, EMI Music dan Huggies bahkan telah terlebih dahulu menggunakan Tumblr untuk mempromosikan layanan mereka. Langkah tersebut akan menjadi yang pertama kalinya, untuk mendapatkan penghasilan melalui iklan. Sejalan dengan pernyataan Karp di media online mengenai hal tersebut yang dapat "menghidupkan perut kami".

Tumblr dilaporkan telah mengalami pertumbuhan yang besar selama 12 bulan terakhir, dan sekarang memiliki lebih dari 50 juta blog individu termasuk halaman dari selebritas seperti Beyonce dan Kelly Brook. Tahun lalu perusahaan tersebut mendapatkan penghasilan US$ 125 juta dari penjualan tema blog buatan pihak ketiga, yakni desainer.

Bekerja sama dengan saingan online Facebook dan Twitter, iklan akan muncul di Tumblr antara tulisan populer berbendera di toolbar "radar" pada dashboard pengguna Tumblr itu. Kabarnya Tumblr mulai akan bermitra dengan 15 pengiklan, termasuk Cartoon Network. Namun Karp tidak menunjukkan berapa banyak iklan berbayar yang akan tampil di Tumblr.

Tumblr memiliki sekitar 21 juta pengunjung pada Maret 2012. Jumlah tersebut meningkat satu juta pengunjung pada Februari silam berdasarkan data comScore. Situs tersebut saat ini merupakan jaringan sosial keempat yang paling populer di Inggris.(TNT/ANS/DigitalSpy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.