Sukses

Layanan <EM>Facebook</EM> Sempat Terganggu

Facebook kembali menghadapi gangguan pelayanan, dan banyak orang tidak dapat menggunakan jejaring sosial tersebut.

Liputan6.com, Washington: Facebook kembali menghadapi gangguan pelayanan, dan banyak orang tidak dapat menggunakan jejaring sosial tersebut. Masalah yang muncul adalah situs itu tidak dapat diakses oleh sejumlah orang selama dua jam. Gangguan yang berlangsung secara acak itu dilaporkan oleh banyak orang dan sementara itu pengguna lain membutuhkan waktu yang lama dalam mengakses akun mereka.

Facebook menyampaikan permintaan maaf atas gangguan tersebut dan menyatakan akan memperbaikinya. Para pengguna menyampaikan masalah di situs Facebook melalui jejaring sosial Twitter, situs dan blogs untuk mengekspresikan kekecewaan mereka. "Facebook berlaku seperti sahamnya. Terus menurun," kata seseorang di Twitter seperti dikutip BBC Indonesia, Sabtu (2/6).

Situs pemantau seperti Downrightnow dan Downforeveryoneorjustme melaporkan bahwa situs itu sesekali dapat digunakan.

Sejumlah laporan menyebutkan bahwa kelompok peretas kemungkinan yang bertanggungjawab atas gangguan yang dialami Facebook, seperti tweet dari YourAnonNews yang memiliki follower cukup banyak, "Anonim tidak akan menyerang Facebook, kami mengatakan ini berulangkali. Kenapa kami harus menyerang situs yang digunakan para anonim untuk menyebarkan informasi?"

Dalam sebuah pernyataan, Facebook mengatakan sejumlah pengguna mengalami gangguan dalam mengakses situs, tetapi ini telah diperbaiki dan sudah dapat digunakan dengan baik oleh setiap orang. Dalam pernyataan itu tidak dijelaskan secara rinci apa yang menyebabkan gangguan tersebut. Perusahaan sedang diteliti karena sahamnya menurun sampai 23 persen sejak peluncuran perdananya, menyusul merosotnya bursa saham Nasdaq.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.