Sukses

Bahan Bakar Air Temuan Fakultas MIPA USU

Dengan peralatan tambahan, sepeda motor yang dijadikan model percobaan Fakultas MIPA USU mampu menyala meski menggunakan air untuk bahan bakar.

Liputan6.com, Medan: Air menjadi bahan bakar, mungkinkah? Pertanyaan ini dijawab para mahasiswa dan dosen Fakultas MIPA Universitas Sumatra Utara. Dengan peralatan tambahan, sepeda motor yang dijadikan model percobaan mampu menyala meski menggunakan air untuk bahan bakar.

Dengan mengubah air menjadi hidrogen akan diperoleh bahan bakar untuk menggerakkan mesin. Agar mesin bekerja optimal, tim Fakultas MIPA mencampur hidrogen dengan bioetanol dengan bantuan alat tambahan sebelum disalurkan ke ruang pembakaran mesin.

Meski belum diproduksi massal, prospek bahan bakar hidrogen elektronik cukup menjanjikan. Selain terjangkau, bahan bakar ini terbilang irit. Dalam percobaan satu liter bahan bakar jenis ini, mampu menggerakkan sepeda motor sejauh 37 kilometer. Sedang pembuatan alat tambahan menghabiskan Rp 600 ribu. Kini, penyempurnaan masih akan terus dilakukan terhadap alat tambahan agar mudah dipasang pada berbagai jenis kendaraan.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.