Sukses

Transit Venus Bikin Warga Jakarta Penasaran

Liputan6.com, Jakarta: Peristiwa transit Planet Venus bisa disaksikan dari wilayah Indonesia pagi tadi. Transit terjadi saat sebuah planet melintas di antara bumi dan matahari. Peristiwa langka serupa ini baru akan bisa disaksikan kembali, lebih dari satu abad lagi.

Para pecinta astronomi dari Jakarta dan sekitarny, Rabu (6/6), berkumpul di planetarium-observatorium Jakarta. Semua ingin menyaksikan, peristiwa langka transit Venus 2012.

Transit terjadi saat sebuah planet melintas di antara bumi dan matahari. Sosok planet tampak melintasi cakram matahari. Diameter Planet Venus yang kali ini melintas tampak hanya sekitar sepertigapuluh diameter cakram matahari.

Kesempatan berikut untuk melihat hal seperti ini, baru bisa terulang lagi pada 2117, lebih dari satu abad lagi.

"Terlebih lagi ada satu hal menarik bagi masyarakat umum karena ada yang menganggap, wah luar biasa karena ini masih sangat lama sekali, masih 105 tahun yang akan datang. Kita juga tidak mungkin akan melihat lagi. Ini fenomena pergerakan benda-benda langit, " kata Cecep Nurwendaya, penceramah Planetarium Jakarta.

Nurdiansyah, Himpunan Astronom Amatir Jakarta juga takjub dengan fenomena langka itu. "Cukup langka. Waktunya satu abad hanya dua kali. Pasti akan mengejar event ini, untuk pelajaran, kan masih 105 tahun lagi, nggak mungkin terkejar," ujarnya.

Karena rasa ingin tahu, banyak warga yang sebelumnya tidak gemar astronomi datang ke planetarium-observatorium Jakarta, untuk ikut menyaksikan.

Okti, pengunjung planetarium Jakarta, juga terkesan dengan fenomena transit Venus itu. "Pengen tahu aja fenomena kayak apa. Wow aja, takjub, ternyata matahari segede itu venus cuma satu titik doang dari Matahari," jelasnya.

Dari wilayah Indonesia, sosok Planet Venus mulai melintas di depan cakram matahari sekitar pukul 05.00 WIB. Lingkaran Planet Venus sudah akan keluar dari cakram matahari pada tengah hari ini.(MEL)


    Artikel Selanjutnya
    Pantau Harga Smartphone Idaman Kamu di Sini
    Artikel Selanjutnya
    Gara-gara Game of Thrones, Jumlah Pengakses Situs Dewasa Anjlok