Sukses

Museum Bulgaria Akan Pamerkan Kerangka Vampir

Museum sejarah di Bulgaria akan memamerkan kerangka tulang belulang dari dua vampir pada pekan depan.

Liputan6.com, Sofia: Bagi Anda yang penasaran dengan sosok vampir, mungkin Anda dapat berkunjung ke museum ini. Museum sejarah di Bulgaria akan memamerkan kerangka tulang belulang dari dua vampir pada pekan depan.

Kerangka yang diduga vampir itu ditemukan di sebuah biara di tepian Laut Hitam, Sozopol, pekan lalu. Kerangka ini diyakini telah terkubur selama 700 tahun lampau di Bulgaria [baca: Ditemukan, Jasad Vampir Abad Pertengahan].

Pada bagian dada kerangka, terdapat bekas tusukan besi batangan. Menurut kepercayaan kaum Pagan di Bulgaria, orang yang selama hidupnya jahat kemungkinan akan berubah menjadi vampir usai meninggal. Dengan demikian, mereka menikam bagian dada orang tersebut sebelum dimakamkan.

"Ini adalah kepercayaan kaum Pagan di Tanah Bulgaria dari abad 12 hingga abad 14. Orang-orang tersebut sangat percaya akan takhayul itu," kata Kepala Museum Sejarah Nasional, Bozhidar Dimitrov seperti dilansir Times of India, Ahad (17/6).

"Sepanjang sejarah, kami telah menemukan lebih dari 100 kuburan kaum bangsawan jahat yang diyakini sebagai `vampir` pada Abad Pertengahan yang dicap sebagai pengisap darah abadi. Itulah sebabnya mereka sering ditusuk dengan batang, kayu atau logam," imbuhnya.

Negara-negara Balkan, termasuk Bulgaria dipercaya sebagai tempat bermukimnya legenda vampir sejak abad kesembilan. Hingga ada seorang novelis bernama Bram Stoker yang mengisahkan tokoh Dracula sebagai tema karyanya.(RZK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.