Sukses

Belajar Alquran Huruf Braille

Dini Aprilianti, mahasiswa Politeknik Negeri Elektronika, Surabaya, Jatim, berhasil menemukan alat pembelajaran huruf Braille untuk membaca dan mengucapkan huruf hijaiyah.

Liputan6.com, Surabaya: Dini Aprilianti, mahasiswa Politeknik Negeri Elektronika, Surabaya, Jawa Timur, berhasil menemukan alat pembelajaran huruf Braille untuk membaca dan mengucapkan huruf hijaiyah. Alat ini diciptakan untuk mempermudah penyandang cacat tuna netra belajar kitab suci Alquran.
 
Alat berbentuk kotak ini berisikan sejumlah rangkaian elektronik yang membentuk huruf Braille. Rangkaian itu berupa mikrokontroler sebagai pengontrol sistem yang digabungkan dengan MMC yang membentuk huruf Braille. Alat ini dilengkapi dengan sensor sentuh untuk membantu penyandang tuna netra dalam mengoperasikannya.
 
Alat pembelajaran hijaiyah Braille ini sudah diujikan ke sekolah menengah pertama tuna netra dengan membutuhkan dana sebesar Rp 2 juta. Dini pun berencana mengembangkan alat Braille hijaiyah temuannya untuk materi pembelajaran di bidang agama ke sekolah luar biasa tuna netra.(APY/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini