Sukses

Wah, Ada Kamera 570 Megapiksel

Kamera Dark Energy merupakan kamera berkekuatan besar dengan 570 megapiksel (MP). Kamera ini bisa menangkap gambar cahaya bintang miliar tahun lalu.

Liputan6.com, London: Sebuah kamera dengan kekuatan super besar 570 megapiksel (MP) diuji coba. Kamera super tersebut digunakan untuk menangkap gambar cahaya bintang dari delapan miliar tahun yang lalu. Kamera tersebut diberi nama Kamera Dark Energy.

Media Dailymail mewartakan, Selasa (18/9), cahaya bintang tersebut merupakan sinar kuno yang telah melintasi galaksi jauh yang tak terhitung jumlahnya, dalam menemukan jalan menuju puncak gunung di Chili. Mesin raksasa pemetaan langit yang disebut kamera Dark Energy menangkap jejak perjalanan tersebut.

Ilmuwan dari tiga benua melakukan penelitian Survei Dark Energy (DES) dan memakan waktu delapan tahun untuk membangun kamera tersebut. Hasilnya, gambar-gambar pertama dari langit selatan yang diambil oleh kamera 570 megapiksel dilakukan pada 12 September.

"Pengamatan yang mendalam dengan kamera DES akan memberitahu kami mengapa perubahan di alam semesta begitu cepat. Pemahaman kita tentang perubahan besar alam semesta akan terungkap," kata Lahav.

Kamera super ini terdiri dari 62 perangkat yang memiliki sensitivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap cahaya yang sangat merah. Hal itu memungkinkan para ilmuwan dari seluruh dunia untuk mengejar penyelidikan, mulai dari studi asteroid di tata surya dan memahami asal-usul dan nasib alam semesta.

Kamera tersebut kira-kira berukuran bilik telepon, merupakan instrumen survei yang paling kuat dari jenisnya. Bahkan, kamera ini bisa melihat cahaya lebih dari 100 ribu galaksi hingga 8 miliar tahun cahaya jauhnya (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini