Soal Anak, Internet Kalahkan Nasihat Orangtua

on Sep 19, 2012 at 20:13 WIB

Liputan6.com, London: Benarkah tidak ada yang bisa menggantikan nasihat seorang ibu? Nah ternyata internet telah melakukannya. Temuan itu berdasarkan penelitian yang dilakukan Cathy Owen. Penelitian menemukan delapan dari 10 ibu muda lebih cenderung lari ke internet dibandingkan ke ibu mereka untuk mendapatkan nasihat tentang pola asuh anak (parenting).

Penelitian yang dilakukan Growingupmilkinfo.com, menemukan bahwa semakin banyak ibu yang beralih ke situs-situs seperti Netmums, Mumsnet, Google, dan Facebook ketika mereka memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang membesarkan bayi.

Dan bukan hanya ibu muda yang mengandalkan internet untuk saran keluarga, survei juga menemukan ibu di atas 35 tahun paling mungkin (71 persen) mencari nasihat orangtua secara online. Sebanyak 25 persen pengguna jejaring sosial terbesar seperti Facebook menginginkan saran parenting, Rabu (19/9).

Contohnya ibu dari dua anak, Alicia Robert, dari Sully. Ia mengaku banyak menggunakan internet sejak memiliki dua anak Evey dan Ezra. "Saya dibesarkan oleh nenek saya dan tidak menyusui. Jadi saya mencari nasihat dari internet sebanyaknya ketika saya mengalami masalah dalam menyusui," ujar Alicia mengakui.

"Ibu mertua tidak menyusui dan dia memberi saya banyak dukungan, tapi ada hal-hal yang membuat saya benar-benar tidak merasa nyaman ketika berbicara tentang itu dan internet sungguh sangat berharga".

Menurutnya, di internet kita bisa berbicara dengan ibu lain yang sama-sama akan mengalaminya atau telah melalui apa yang kita rasakan. "Itu benar-benar nasihat berharga yang banyak membantu saya. Dokter saya sendiri tidak benar-benar tahu bagaimana untuk membantu, jadi sungguh nyaman menemukan orang-orang yang mengerti apa yang saya bicarakan".

Menurut Alicia, saat berbagi pengalaman di internet, teman-teman di dunia maya bisa memberikan kepercayaan diri agar kita menjadi orangtua sesuai cara kita. Namun wanita berusia 26 tahun itu mengaku saran kuno dari ibu mertua dan neneknya juga penting.

"Saya beruntung karena mereka tinggal di dekat kita dan internet tidak akan pernah menggantikan seseorang yang bisa menggendong bayi Anda atau meyakinkan Anda bahwa ruam anak Anda tidak lebih jahat dari cacar air," kata Alicia.

"Saya cenderung melihat di internet untuk informasi tapi saya selalu ingin berbagi juga dengan merekaa. Mereka memiliki akal sehat untuk menempatkan pikiran saya saat istirahat.

Ibu mertua Alicia, Elizabeth, dari Penarth, mengakui banyak yang telah berubah sejak ia punya dua anaknya pada 40 tahun lalu.

"Internet membawa perbedaan terbesar," katanya.

"Ketika saya punya anak, saya berada jauh dari kedua kakek-nenek untuk tiga tahun pertama dan saya mendapat banyak bantuandan saran dari tetangga yang anaknya sedikit lebih tua".

"Jadi saya kira belum berubah banyak. Ibu masih benar-benar tahu yang terbaik dan Anda bisa menemukan dari keduanya, baik dari orang dan di internet".(walesonline/MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments