Sukses

Robot Buatan Toyota untuk Orang Cacat dan Lansia

Perusahaan otomotif raksasa Toyota membuat robot kendali jarak jauh khusus untuk membantu orang cacat dan lansia. Fungsinya terutama untuk mengambil barang di sekitar rumah.

Liputan6.com, Tokyo: Robot unik dan lucu yang dapat membantu manusia kini menjadi perhatian tersendiri bagi perusahaan otomotif. Tidak mau ketinggalan dengan Honda yang terkenal dengan robot Asimo-nya, Toyota juga membuat robot serupa.

Media JapanToday mewartakan, Kamis (27/9), Robot besutan Toyota ini akan membantu orang yang cacat dan lansia. Robot yang akan menjadi sahabat manusia itu berfungsi untuk mengambil barang di sekitar rumah.

Toyota merancang robot ini untuk melakukan tugas-tugas sederhana berdasarkan perintah. Demi memudahkan tugasnya, robot itu juga diperlengkapi dengan lengan kecil berbentuk seperti alat hisap. Robot itu dikendalikan dari jauh oleh sebuah komputer tablet untuk mengenali barang-barang tertentu.

Meski dikendalikan dengan komputer, robot ini bisa memilih barang yang diinginkan pemiliknya di antara tumpukan barang lain. Hal ini merupakan sesuatu yang baru di dunia teknologi. Biasanya, robot masa kini hanya mampu mengenali dan mengambil barang yang telah ditentukan.

"Robot berhasil melewati tantangan seperti memilih barang dari laci penuh dengan barang lainnya," kata Takashi Yamamoto, general manager Toyota.

Robot ini ternyata dibangun dengan menggunakan teknologi canggih untuk mobil. Sebagai produsen mobil terbesar di dunia, Toyota menerapkan teknologi kontrol dari motor berkecepatan tinggi dalam desain robot tersebut. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.