Sukses

Cukup Tempelkan Jari, Alat Ini Bisa Cek Tekanan Darah

Jika alat pengukur tekanan darah pada umumnya menggunakan manset yang dililitkan ke lengan, berbeda dengan alat pengukur tekanan darah yang satu ini yang hanya menggunakan jari.

Liputan6.com, Jakarta: Jika alat pengukur tekanan darah pada umumnya menggunakan manset yang dililitkan ke lengan, berbeda dengan alat pengukur tekanan darah yang satu ini yang hanya menggunakan jari.

Universitas Nihon di Tokyo, Jepang mengembangkan alat yang bisa mengukur tekanan darah hanya dengan menempelkan jari saja. Alat tersebut dipamerkan di ajang Medica 2012 yang berlangsung di Dusseldorf, Jerman dari 14-17 November 2012 lalu.

Dengan alat pengukur tersebut, tekanan darah seseorang dapat diukur tanpa menggunakan manset sehingga kita tak perlu lagi repot-repot menggulung lengan baju. Sang pengembang alat  bernama Sadao Omata, seorang profesor di College of Engineering, Universitas Nihon.

Menggunakannya pun sangat mudah. Dikutip dari Techon, Senin (26/11/2012), cara menggunakannya cukup dengan meletakkan jari ke atas area tombol yang terdapat pada alat, maka hasilnya pun akan muncul. Karena simpel alat ini juga bisa digunakan untuk mengukur tekanan darah bayi hingga orangtua.

Pada alat ini terdapat LED dan transistor foto. Cahaya yang dipancarkan dari LED nantinya akan direfleksikan pada jari dan terdeteksi oleh transistor foto. Tidak dijelaskan seperti apa metode pengukurannya. Pihak universitas hanya menyebutkan bahwa alat ini dikembangkan dengan metode yang disebut "Phase Shift Method". (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.