Sukses

Samsung Stop Produksi Baterai iPad dan MacBook

Entah karena sengketa paten yang berkepanjangan, hubungan Samsung dan Apple kian memburuk. Samsung memutuskan untuk menghentikan produksi baterai iPad dan MacBook.

Liputan6.com, Jakarta: Entah karena sengketa paten yang berkepanjangan, hubungan Samsung dan Apple kian memburuk. Samsung memutuskan untuk menghentikan produksi baterai iPad dan MacBook.

Seperti diketahui, Samsung adalah supplier komponen terbesar produk Apple. Pada bulan Oktober lalu, Samsung mengakhiri penjanjian kontraknya untuk memasok LCD kepada Apple. Setiap tahunnya Samsung bisa mengirimkan puluhan juta unit display kepada Apple.

Dan kini Samsung mulai menghentikan pasokan baterai untuk MacBook dan iPad. Ini terlihat pada iPad Mini yang tak lagi menggunakan display produksi Samsung, namun display LG.

Sebagai gantinya, seperti dikutip dari Geek, Selasa (27/11/2012), Apple dikabarkan telah beralih ke manufaktur Cina Amperex Technology Limited dan Tianjin Lishen Battery untuk memasok baterai iPad dan MacBook. Namun belum bisa dipastikan kebenarannya.

Lalu mengapa Samsung menghentikan pasokannya? Beberapa rumor menyebutkan kalau Samsung telah menaikkan harga produksi chip prosesor kepada Apple sebesar 20 persen, namun pihak Samsung membantahnya. Terlepas rumor ini benar atau tidak, Apple dan Samsung tampaknya ingin melepaskan diri sementara kasus hukum mereka terus berlanjut.

Di satu sisi, Samsung jelas akan kehilangan pendapatan dalam jumlah besar. Namun bisa jadi perusahaan tidak lagi membutuhkan Apple karena kesuksesan produk Galaxy-nya. Apalagi saat ini Samsung merupakan pesaing utama Apple di pasar tablet, smartphone, dan bahkan pasar komputer.

Di sisi lain, Apple perlu memastikan ketersediaan pasokan komponen untuk perangkatnya agar bisa memenuhi permintaan pasar. Dan Samsung selama ini mampu memenuhi permintaan tersebut. (dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.