Sukses

Tips Agar Baterai BlackBerry Lebih Awet

Sama seperti ponsel lainnya, BlackBerry juga punya kelemahan pada baterai. Tak sedikit pengguna BlackBerry yang mengaku kalau baterainya sering lowbat. Berikut tips menyiasatinya.

Jakarta: Sama seperti ponsel-ponsel lainnya, BlackBerry juga punya kelemahan pada baterainya. Tak sedikit pengguna BlackBerry yang mengaku kalau baterainya sering lowbat. Mungkin karena ponsel ini memuat beragam fitur dan aplikasi layaknya komputer, baterainya pun jadi cepat terkuras.

Bagi sebagian pengguna Blackberry, lowbat pada saat-saat dibutuhkan tentu merupakan momok yang sangat menyebalkan. Nah, agar baterai BlackBerry Anda lebih awet dan tahan lama, Anda dapat menyiasatinya dengan beberapa tips di bawah ini seperti dikutip dari BBgeeks, Minggu (9/12/2012).

1. Jika Anda berada di tempat yang sinyalnya sulit, lebih baik matikan Mobile Network Anda. Sebab smartphone BlackBerry Anda akan terus mencari sinyal yang menyebabkan daya baterai juga terkuras. Caranya menonaktifkannya adalah melalui menu Manage Connections, kemudian hilangkan tanda centang pada kotak Mobile Network.

2. Matikan Bluetooth jika sudah tidak dibutuhkan lagi. Karena koneksi bluetooth dapat menguras daya baterai walaupun Anda tidak dalam posisi tersambung dengan perangkat lain.

3. Sama seperti poin kedua di atas, matikan WiFi jika memang tidak dibutuhkan. Jangan biarkan smartphone Anda mencari-cari sinyal WiFi padahal di lokasi tersebut tidak ada koneksi.

4. Secara default, layar BlackBerry umumnya memiliki tingkat kecerahan di level 100 dan akan mati dengan sendirinya (time out) setelah 30 detik. Nah, cobalah atur settingan tersebut. Misalnya dengan mengurangi tingkat kecerahannya menjadi 50 yang penting mata masih nyaman melihatnya, serta mempercepat waktu time out menjadi 10 detik misalnya.

5. Untuk diketahui saja, fitur getar di ponsel dapat menguras baterai. Sama halnya dengan BlackBerry. Aktifkan opsi getar hanya saat diperlukan saja, misalnya saat sedang meeting.

6. Pastikan Anda selalu menutup aplikasi jika sudah selesai menggunakannya, misalnya pastikan browser sudah tidak dalam kondisi loading usai browsing. Sebab jika aplikasi yang masih berjalan smartphone akan terus melakukan proses load halaman web sampai selesai dan ini akan menguras baterai.

7. Caslah baterai sebelum baterai benar-benar habis. Ini bisa dilihat pada saat indikator baterai berwarna kuning, jangan tunggu sampai merah atau bahkan mati total.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.