Sukses

Akhir Tahun, Pengguna Domain .id Tembus 100 Ribu

Melonjaknya jumlah pengguna internet di tanah air juga berdampak pada pertumbuhan nama domain .id (dot id) di Indonesia. Hingga akhir tahun 2012 ini, pengguna domain .id sudah tembus angka 100 ribu.

Melonjaknya jumlah pengguna internet di tanah air juga berdampak pada pertumbuhan nama domain .id (dot id) di Indonesia. Tercatat hingga 19 Desember 2012, ada sebanyak 103.882 nama domain yang telah terdaftar. 

Menurut Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), jumlah ini melonjak 62,5 persen dari tahun sebelumnya. Di akhir tahun 2011, jumlah domain dot id tercatat hanya mencapai 63.930 domain.

Chairman PANDI Andi Budimansyah, dalam jumpa pers siang tadi di Jakarta, Jumat, (21/12/2012) mengatakan, kenaikan nama domain tahun ini adalah yang tertinggi sepanjang sejarah domain .id.

"Kami berharap dalam satu tahun ke depan doamin .id dapat melewati jumlah domain negara-negara lain khususnya di Asia Tenggara," ujar Andi.

Di penghujung tahun 2012 ini, PANDI juga meliris dua nama domain baru yaitu biz.id, dan my.id. Domain biz.id ditujukan untuk kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sedangkan my.id ditujukan untuk pengguna personal. Sampai saat ini tercatat sudah lebih dari 216 domain biz.id dan 586 domain my.id yang terdaftar sejak diliris satu bulan lalu.

Dalam kesempatan lain, Andi juga menyampaikan bawha perpindahan sistem registry dari Single Point Registry System (SPRS) menjadi Shared Registry System (SRS) akan selesai sepenuhnya pada 31 Desember 2012. SPRS adalah sistem yang menggabungkan fungsi registri dengan fungsi registrar. Dengan perubahan ke sistem SRS, PANDI tidak lagi melakukan fungsi registrar dengan menjual domain. (UBD/DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.