Sukses

Tersangkut Hutang, Kapal Pesiar Steve Jobs 'Gagal' Berlayar

Venus, kapal pesiar supermegah nan minimalis warisan almarhum Steve Jobs, gagal berlayar karena sengketa hutang. Kapal ini tertunda berlayar karena sebagian pembiayaan proyeknya belum dibayar.

Venus, kapal pesiar supermegah nan minimalis yang merupakan warisan almarhum Steve Jobs, gagal berlayar karena sengketa hutang. Kapal ini tertunda berlayar karena sebagian pembiayaan proyeknya belum dibayar.

Sang desainer Philippe Starck mengklaim bahwa ahli waris Steve Jobs masih berhutang 3 juta Euro. Total proyek pembangunan kapal Venus sendiri mencapai 9 juta Euro. Demikian disebutkan harian surat kabar Belanda Het Financieele Dagblad.

Lantaran sengketa hutang itulah, Starck pun menyita kapal pesiar 'Venus' yang memiliki arti Dewi Cinta. Dikutip dari BBC, Senin (24/12/2012), pelabuhan Amsterdam juga sudah mengkonfirmasi bahwa kapal itu tidak diperbolehkan meninggalkan pelabuhan sampai sengketa hutang diselesaikan.

"Kapal ini masih baru, namun masih ada masalah hutang 3 juta euro. Para pihak yang terlibat harus menyelesaikannya dahulu," kata Jeroen Ranzijn, juru bicara Pelabuhan Amsterdam.

Kapal Venus berukuran panjang 80 meter yang dikelilingi kaca hingga 12 meter. Kapal ini terbuat dari bahan panel alumunium yang merupakan impian Jobs. Kapal Venus pertama kali dicoba di air pada bulan Oktober lalu di galangan kapal di Aalsmeer, Belanda.

Starck berkolaborasi dengan Steve Jobs untuk membangun proyek kapal ini selama lima tahun. Kapal ini dirancang minimalis dan ramping, yang menunjukkan sebuah keanggunan intelijen. Kapal ini bahkan memiliki jendela berukuran tinggi 3 meter.

Selama pembangunan kapal Venus, Jobs turut menyumbangkan ide-ide desainnya. Steve Jobs meninggal karena mengidap kanker pankreas pada tahun 2011 lalu. Sayang ia tak sempat melihat perahunya berlayar di laut. (DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini