Sukses

Menilik Kecanggihan BMW Maut Putra Hatta Rajasa

Mobil yang dikendarai Putra bungsu Hatta Rajasa, M. Rasyid Amrullah, diketahui bermerek BMW X5 XDrive30i AT bewarna hitam metalik. Seperti apa fitur keamanan mobil BMW X5 ini?

Putra bungsu Hatta Rajasa, M. Rasyid Amrullah, menabrak mobil Daihatsu Luxio di ruas tol Jagorawi. Kecelakaan ini menewaskan dua penumpang Luxio dan tiga lainnya luka-luka. Mobil yang dikendarai Rasyid diketahui bermerek BMW X5 XDrive30i AT bewarna hitam metalik.

Beruntung, ia selamat dari kecelakan ini. Bagian depan mobil seharga Rp 1,4 miliar ini juga tidak mengalami kerusakan parah, meski ia diduga melaju dengan kecepatan tinggi.

Seperti apa fitur keamanan mobil BMW ini?

BMW X5 adalah mobil berkonsep SUV, namun BMW menyebutnya dengan SAV (Sports Activity Vehicle). Mobil ini diperkenalkan pada Oktober 2010 lalu di Indonesia.

Dengan sistem All Wheel Drive yang dimiliki mobil ini dan dukungan fitur keamanan yang terkenal dari BMW, tidak heran kalau pengemudi akan merasa aman di dalamnya. Apalagi sasis mobil ini terbuat dari bahan Ultra High Strength Steel.

Mobil ini dilengkapi fitur keamanan, diantaranya Dynamic Stability Control, airbag depan dan samping untuk pengemudi dan penumpang depan, passenger seat sensor, head protection system (HPS), sistem alarm, dan sebuah sensor rollover yang terhubung dengan sistem airbag.

Selain itu terdapat fitur crash sensor, yang secara otomatis akan memutus arus listrik dari Accu ke altenator ke pompa bahan bakar; lalu secara otomatis membuka kunci pintu dan menyalakan lampu hazard.

Fitur Dynamic Stability Control (DSC) memungkinkan mobil mengontrol sistem pengereman lebih optimal, bahkan membuat kendaraan tetap stabil meski mengemudi dalam kondisi medan yang sulit. Fitur ini juga dapat mendeteksi tanda-tanda oversteering atau understeering dan membantu menjaga kendaraan tetap aman berada di dalam jalur. Sensor canggihnya juga dapat mendeteksi bagaimana kendaraan berjalan karena terdapat sensor pemantauan rotasi roda.

Mobil bermesin 6-silinder dengan teknologi empat katup dan transmisi Steptronic otomatis 6-speed ini juga dilengkapi fitur keamanan Hill Descent Control, yang akan mempertahankan kontrol kemudi meski berjalan pada permukan yang licin, berkerikil atau turunan sekalipun.

Hill Descent Control juga dapat mengontrol rem sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi sepenuhnya pada kemudi. Fitur ini dapat diaktifkan dengan menekan sebuah tombol.

Fitur lain yang membuat mobil ini makin nyaman fasilitas monitor 8,8 inci dengan TV turner, AC otomatis dengan kontrol individual pada masing-masing penumpang, panorama glass roof elektrik, multi-function steering wheel berbalut kulit, CD-Rom drive, MP3 decoding dan CD Changer untuk 6 CD. (DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini