Sukses

Situs Presiden SBY Diretas, Istana Koordinasi dengan Kepolisian

Peretas melakukan deface atau mengubah tampilan presidensby.info. "This is a payback from member hacker team," demikian tulisan yang tertera.

Situs resmi kepresidenan yang beralamat di presidensby.info menjadi korban peretasan atau hacking oleh kelompok yang menamakan diri jemberhackerteam.

Dilansir dari laman Antara, Rabu (9/1/2013), situs itu sempat diretas sekitar pukul 11.30 WIB. Peretas melakukan deface atau mengubah tampilan latar belakang hitam dengan tulisan warna hijau di bagian atas bertuliskan "Hacked by MJL007". Sementara di bagian bawah tertera sebuah logo dan tulisan "jemberhacker team" yang berwarna putih.

"This is a payback from member hacker team," demikian tulisan yang tertera di bawah layar berlatar belakang hitam tersebut. Saat membuka laman tersebut juga terdengar latar belakang suara musik.

Situs PresidenSBY.info sudah kembali normal sejak pukul 14.30.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengaku ada gangguan di situs itu, kemudian menjelaskan penyebabnya. "Hal itu bukan terjadi pada webmaster kami, melainkan di beberapa provider," katanya, seperti dikutip dari Antara.

"Kami juga telah berkoordinasi dengan Kemeninfo dan Reskrim Polri, sekiranya ada hal atau tindakan yang perlu diambil," ucap Julian. (ANT/GAL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.