Sukses

Sendok Elektronik Pengontrol Makan Untuk Yang Ingin Diet

Garpu dan sendok elektronik ini dapat memonitor kebiasaan makan. Alat ini akan bergetar dan memancarkan sinar indikator jika Anda makan terlalu 'rakus' dan terlalu cepat.

Makan terburu-buru tidak baik untuk pencernaan. Memperlambat makan dipercaya akan membuat Anda makan lebih sedikit. Itulah ide di balik pembuatan HapiFork dan HapiSpoon yang dipertontonkan di pameran CES 2013 di Las Vegas pekan lalu.

Hapifork dan HapiSpoon adalah garpu dan sendok elektronik besutan Hapilabs yang dapat memonitor kebiasaan makan Anda. Alat ini akan bergetar dan memancarkan sinar indikator jika Anda makan terlalu 'rakus' dan terlalu cepat.

Hapifork dan HapiSpoon dapat melacak durasi makan Anda, jumlah garpu/sendok mengambil makanan setiap menitnya, dan durasi setiap interval suapan. Dengan alat ini, Anda akan 'dilatih' untuk memperlambat makan, menikmati setiap potongan makanan, dan memungkinkan otak untuk mengendalikan nafsu makan.

Garpu dan sendok ini dilengkapi sensor listrik. Engadget yang dikutip Liputan6.com, Senin (14/1/2013) melansir, data kebiasaan makan Anda nantinya dapat dikirim ke smartphone atau laptop via USB.

Jacques Lepine selaku sang penemu dan inventor Hapilabs mengatakan, secara alami orang akan merasa kenyang setelah makan 20 menit. Setelah itu otak akan mengirimkan sinyal bahwa Anda telah kenyang. Jadi dengan mengurangi jumlah makan, pengguna akan makan lebih sedikit dan akibatnya berat badan akan menurun.

Lepine mengatakan ia selalu makan terlalu cepat ketika masih muda. Ia bahkan pernah dilarikan ke rumah sakit dan sempat berpikir terkena serangan jantung, namun rupanya ada masalah pada lambungnya. Dokter menyarankan agar ia memperlambat durasi makan hingga akhirnya ia mengembangkan alat untuk membantu memacu dirinya sendiri.

HapiFork dan HapiSpoon memiliki timer sederhana dan mekanisme getaran. Alat ini juga bisa diisi ulang melalui Micro-USB.

Lepine menambahkan, alat ini memang belum terbukti efektif untuk membantu orang menurunkan berat badan. Alat tersebut baru akan diluncurkan pada April mendatang di Amerika Serikat, dengan harga $99 atau sekitar Rp 950 ribu.

Ada berbagai pilihan warna gagang yang bisa dipilih: putih, hitam, biru, pink, dan hijau. HapiFork dan HapiSpoon juga bisa dicuci dengan melepas perangkat elektroniknya lebih dahulu. (DEW)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.