Sukses

Trafik Meningkat, Operator Seluler Siaga Banjir

Banjir juga menyebabkan performansi jaringan seluler naik, trafik pun meningkat pesat di Jakarta.

Hujan deras mengakibatkan terjadinya banjir di sejumlah kawasan ibukota DKI Jakarta. Banjir juga menyebabkan performansi jaringan seluler naik, trafik pun meningkat pesat di Jakarta.

Salah satu operator seluler, Telkomsel, menyebut trafik suara meningkat hingga 17 persen dibandingkan hari normal. Sedangkankan trafik SMS meningkat hingga 18 persen.

"Hal ini diperkirakan karena tingginya kebutuhan masyarakat untuk saling berkoordinasi baik antar keluarga, kerabat ataupun dengan pihak lainnya," kata Hari Purwanto, Head of External Communication Division Telkomsel, dalam keterangan tertulisnya.

Telkomsel juga telah melakukan antisipasi dengan melakukan tindakan preventif terhadap site-site yang rentan terkena banjir. Site-site itu sudah ditinggakan untuk menghindari kenaikan permukaan air.

"Gangguan hanya bersifat minor terjadi di sebagian kecil Area Metro Jakarta karena terhentinya pasokan energi, serta belum dimungkinkan untuk penggunaan sumber daya alternatif atau genset. Walaupun demikian, secara umum kualitas jaringan tetap terjaga," ucapnya.

Tak hanya Telkomsel, operator seluler AXIS juga melakukan antisipasi banjir. Untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kendala jaringan,  AXIS telah mempersiapkan tim teknis untuk melakukan pengawasan secara seksama di wilayah-wilayah terdampak dan melakukan kegiatan restorasi yang diperlukan. Tim itu siaga selama 24 jam.
 
Menurut Michael McPhail, Chief Technology Officer AXIS, gangguan jaringan yang dialami AXIS tergolong kecil dan bisa segera diatasi. 

“Gangguan yang kami alami sangat minim. Hanya di beberapa wilayah tertentu kami mengalami gangguan pasokan listrik, namun hal tersebut bisa kami atasi dengan cepat karena kami dapat segera masuk ke wilayah yang mengalami gangguan dan mengatasi kendala tersebut dengan menggunakan generator cadangan.” (GAL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini